Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Dewan Pimpinan Daerah IKAN Siap Memberantas Narkoba

Hengki Syahjaya
31 Mei 2023, 23:13 WIB Last Updated 2023-05-31T16:17:24Z


Aceh Barat - Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Keluarga Anti Narkotika (DPD IKAN) Aceh Barat , resmi dilantik sekaligus melaksanakan Seminar Anti Narkoba di Aula Cabang Dinas Pendidikan (Cabdin) Jalan Bakti Pemuda, Gampong Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Rabu (31/05/2023).

Ketua DPD IKAN Kabupaten Aceh Barat periode 2021-2026, Ir. Rahmatillah Rusli mengatakan, pihaknya akan membuat program sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba ke masyarakat dan memberikan edukasi kesekolah memberikan peringatan dini bagi pelajar agar mereka tidak terjerumus ke bahaya narkoba.

Ramatillah menambahkan pelaksanaan program yang akan direncanakan sangat perlu dukungan dari seluruh elemen, baik dari Pemerintah Daerah (Pemda), Perangkat Gampong, dan pihak sekolah maupun kampus serta stakeholder lain agar tercapai maksimal tujuan sosialisasi dan edukasinya.

"Strategi sosialisasi dengan sistem door to door ke setiap masyarakat Gampong dan para pemuda, mengunjungi langsung ke sekolah-sekolah dan kampus-kampus, hingga ke Lembaga Pemasyarakatan Narkoba di wilayah Kabupaten Aceh Barat," ucap Rahmatillah.

Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Barat Nyak Na, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada ketua dan para pengurus DPD Inspirasi Keluarga Anti Narkoba (IKAN) Kabupaten Aceh Barat yang telah dilantik. Semoga seluruh pengurus baru ini, mampu melaksanakan amanah dan tanggung jawab organisasi dengan sebaik-baiknya, serta turut mendukung pemerintah dalam upaya melindungi generasi muda Aceh Barat dari dampak negatif penyalahgunaan narkoba,”

Nyak Na menuturkan, peran terhadap penyalahgunaan narkoba tidak dapat dilakukan oleh pemerintah semata, namun perlu dukungan dan sinergitas bersama, baik dari unsur LSM, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tenaga pendidik, para mahasiswa, maupun unsur terkait lainnya, yang akan menjadi aspek penting dalam upaya mencegah dan memberantas narkoba.

“Semoga pelantikan ini dapat dimaknai sebagai garis awal kepemimpinan baru DPD IKAN Kabupaten aceh barat, untuk dapat menunjukkan eksistensi dan kontribusi dalam mendukung pemerintah mewujudkan Aceh Barat yang bermartabat, berakhlak mulia dan bebas dari narkoba,” tuturnya.

Ia berharap kepengurusan baru DPD IKAN Aceh Barat, dapat menjadi pionir untuk menjaga dan membentengi para generasi muda dari pengaruh buruk penyalahgunaan narkoba.

Nyak Na menambahkan, DPD IKAN Aceh Barat harus mampu melahirkan berbagai program kerja yang dapat menjadi langkah dalam memutus mata rantai penyalahgunaan narkoba dan melakukan pencegahan yang melibatkan para alim ulama dan media massa, sehingga edukasi dan sosialisasi terkait dampak negatif penyalahgunaan narkoba dapat menjangkau masyarakat secara luas.

Di aspek pencegahan menjadi faktor kunci untuk menyelamatkan para generasi muda. Dalam hal ini, pemerintah bersama unsur TNI, Polri, Kejaksaan, BNK dan seluruh LSM merupakan satu kesatuan yang harus terus memperkuat komitmen dalam menjalankan program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

“Mari bersama-sama memerangi penyalahgunaan narkoba, bersinergi dalam memajukan Aceh Barat, serta melindungi seluruh generasi muda dari bahaya penyalahgunaan narkoba,” ujar Nyak Na.

Ketua Umum DPP IKAN Aceh, Syahrul Maulidi, dalam sambutannya menyampaikan pengurus DPD IKAN Aceh Barat yang telah dilantik ini harus mampu menjaga semangat juangnya dalam menjalankan roda organisasi sesuai dengan visi misi yang dimiliki.

“Kita harus berjuang bersama dan istiqomah dalam menjalankan setiap program organisasi dalam memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat, ini adalah tanggung jawab kita kepada Allah SWT,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada para pengurus agar segera melakukan audiensi dan rutin berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah maupun stakeholder lainnya, sehingga implementasi dari program-program Ikan di Kabupaten Aceh Barat bisa berjalan secara optimal.

Ketua Umum DPP IKAN Aceh, Syahrul Maulidi, secara resmi melantik, Ir. Rahmatillah Rusli, sebagai Ketua DPD IKAN Kabupaten Aceh Barat periode 2021-2026, bersama 49 pengurus lainnya.

Iklan