Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

KIP Langsa Bentuk Badan Ad Hoc Pilkada 2024

Hengki Syahjaya
18 April 2024, 23:40 WIB Last Updated 2024-04-20T20:43:24Z


Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KIP Kota Langsa, Fauzan Rizal, 

Kota Langsa - Komisi Independen Pemilihan (KIP) akan segera membentuk Badan Ad Hoc penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur dan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024, Kamis (18/04/2024).

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KIP Kota Langsa, Fauzan Rizal, kepada wartawan mengatakan, pembentukan badan Adhoc tersebut akan dimulai pada 23 April 2024 untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 2 Mei 2024 untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Berdasarkan PKPU nomor 2 tahun 2024, pelaksanaan Pilkada serentak dilakukan pada 27 November 2024. Karenanya untuk persiapan pelaksanaan, maka kita segera membentuk badan Adhoc PPK dan PPS," demikian sebut Fauzan.

Dikatakannya, proses seleksi pembentukan badan Adhoc nantinya akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) atau tes komputer. Selain itu juga menggunakan sarana teknologi aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) yang dapat diakses pada link www.siakba.kpu.go.id.

"Jadi yang ingin mencalonkan diri sebagai anggota PPK dan PPS, mendaftar dan melakukan pemberkasan pada aplikasi SIAKBA tersebut," jelas Fauzan.

Adapun persyaratan calon pendaftar yaitu warga negara Indonesia; setia pada dasar negara, UUD 1945 dan NKRI, dan memiliki integritas. Kemudian, pendaftar tidak dan bukan anggota partai politik sekurang- kurangnya dalam waktu 5 tahun dan dapat dibuktikan dengan surat pengurus partai politik bersangkutan, papar Fauzan.

Juga berdomisili dalam wilayah kerjanya, mampu secara jasmani dan rohani serta bebas dari penyalahgunaan narkoba. Adapun pendidikan minimal SMA atau sederajat, dan tidak pernah dipidana penjara 5 tahun atau lebih.

"Kepada putra putri terbaik kita di Kota Langsa, segera persiapkan diri untuk mengambil peran sebagai bahagian dari penyelenggara pesta demokrasi ini," ungkap Fauzan.

Iklan