Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Galeri Dekranasda Resmi Digunakan UMKM

Hengki Syahjaya
30 Mei 2023, 15:43 WIB Last Updated 2023-05-30T14:54:03Z


Kota Langsa - Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Langsa resmi dibuka sebagai wadah memasarkan hasil produksi masyarakat yang bernaung pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, tepatnya depan Lapangan Merdeka, Selasa (30/05/23).

Pj Walikota Langsa Ir. Said Mahdum menyampaikan, semoga Galeri ini terus berjalan menjadi wadah semua UMKM Kota Langsa dalam memasarkan hasil produksinya.

Said Mahdum menambahkan, Galeri ini di buka untuk umum bagi masyarakat Kota Langsa maupun luar daerah dapat langsung berkunjung sesuai dengan keperluan masing-masing, baik untuk oleh-oleh maupun kebutuhan harian.

"Para Kepala OPD dan Legislatif Kota Langsa, bila ada kunjungan kerja dari daerah lain, Para tamu agar dapat di bawa ke Galeri Dekranas guna kebutuhan buah tangan mereka dan dapat membantu membangkitkan ekonomi masyarakat Kota Langsa," harapan Said.

Ketua DPRK Langsa Maimul Mahdi menyampaikan pada awak media di sela-sela acara bahwa dengan diresmikan galeri bagi UMKM adalah sebuah kemajuan bagi daerah kita dan dapat merangsang masyarakat untuk memproduksi produk yang bisa dipasarkan sesuai kebutuhan dengan keahlian dan kemampuan masing-masing, karena ada tempat untuk mereka pasarkan hasil produk mereka, serta dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

Ketua Dekranasda Kota Langsa Ny. Cut Safrida yang juga istri
Pj Walikota Langsa mengatakan, Galeri ini buat semata-mata untuk wadah agar dapat membantu masyarakat Kota Langsa yang terhimpun dalam UMKM memasarkan apa pun produk yang sudah mereka produksi.

Cut Safrida menjelaskan bahwa sudah ada beberapa produk yang di produksi UMKM dari berbagai Gampong yang telah terpajang di Galeri Dekranas, Alhamdulillah ada yang sudah terjual ketika peresmian berlangsung ada beberapa tamu yang hadir dalam prosesi peresmian mereka berminat dengan hasil produksi UMKM kita.

"Adapun produk yang sudah terpajang di galeri berasal dari masing-masing UMKM Gampong yaitu produk sirup dan kue bawang mangrove Gampong Kuala Langsa, kerupuk udang sabu Gampong Sei Lung, rangginang Gampong Blang, kulfi mangrove Gampong Alue Dua, yukimie Gampong Paya Bujok Tunong, kreasi mustika Gampong Paya Bujok Tunong, anyaman tikar Gampong Cinta Raja, lidi sawit Gampong Pondok Pabrik, aneka batik Gampong Tualang Tengoh, aneka kasab Gampong Matang Seulimeng, bordir Gampong Sidodadi dan Gampong Jawa, kerajinan batok Gampong Bukit Metuah dan Seuriget, aneka akrilik Gampong Merandeh Tengah, aneka gerabah Gampong Serambi Indah, pop corn caramel Gampong Paya Bujok Tunong, teh bunga tenang Gampong Sungai Pauh Induk, vas bunga bahan koran Gampong Paya Bujok Seulemak, masih ada beberapa UMKM yang belum mengantarkan hasil produksinya," ujar Cut Safrida pada awak media.

Diharapkan masyarakat agar dapat meningkatkan perekonomian keluarga melalui UMKM yang ada. Dekranas akan terus berupaya membantu memasarkan baik lansung melaui Galeri maupun media sosial, dan akan membawa produk-produk yang sudah di produksi oleh berbagai UMKM ke daerah lain, tutup Cut Safrida.

Iklan