Notification

×

Sekda Harap Kampung Kesehatan Menjadi Pilot Project

16 Sep 2022 | September 16, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-28T00:19:24Z
Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Drs. Asra saat menandatangani peresmian Kampung Demokrasi.

Aceh Tamiang - Mewakili Bupati Aceh Tamiang, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Drs. Asra menghadiri peluncuran Kampung Kesehatan sebagai Kampung Demokrasi. Bertempat di Kantor Datok Penghulu Kampung Kesehatan, Kamis (15/09/22).

Dalam sambutan Sekda Asra menjelaskan bahwa pembentukan Kampung Demokrasi pada dasarnya untuk mencapai pelaksanaan Pemilu yang mandiri dan bebas, jujur dan adil. Oleh karenanya diperlukan lembaga yang berperan mengawasi pelaksanaan Pemilu dan perundang-undangan.

“Saat ini yang penting adalah bagaimana kita harus menerapkan rasa malu untuk yang menerima uang (suap) dan yang memberi karena pada dasarnya yang dapat merusak demokrasi itu sendiri ialah orang yang diharapkan menegakkan demokrasi. Tentunya harapan kita bahwa Kampung Kesehatan dapat menjadi pilot project yang tidak hanya sekedar agenda program kerja yang harus dilaksanakan,” ungkapnya.

Anggota Bawaslih Aceh Nyak Arif Fadillah menerangkan, sebelum dirinya meluncurkan Kampung Demokrasi, pihaknya telah membentuk 10 Kampung demokrasi dari 10 kabupaten di Aceh, salah satunya Kampung Kesehatan ini dan berharap dapat membentuk masyarakat yang demokratis.

Adapun ciri-ciri masyarakat yang demokrasi dijelaskannya selalu bermusyawarah, saling menghormati dan menghargai
konstitusi yang menjamin hak warga negara dan partisapsi rakyat dalam menyampaikan aspirasi.

“Dan yang perlu sekali diingat, bahwa dalam Kampung Demokrasi yaitu harus taat kontitusi dan hukum, agar pelanggaran-pelanggaran pemilu tidak terjadi”, ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Sekretariat Panwaslih Aceh Tamiang Sayed Mahdi dalam laporannya mengatakan, tujuan dari terbentuknya Kampung Demokrasi ini ialah untuk meningkatkan pemahaman terkait pemilu serta terciptanya peran aktif masyarakat dalam menghadapi pemilu mendatang.

Selain itu pula, pada sambutan Ketua Panwaslih Aceh Tamiang Imran, mengatakan bahwa pembentukan Kampung Demokrasi ini telah direncanakan dan menjadi program nasional.

“Dengan ini, tentunya berharap dapat mengajak masyarakat menghadapi pemilu, semakin besar pengetahuan masyarakat tentang pemilu maka akan semakin sedikit pelanggaran yang terjadi. Serta memberikan pemahaman kepada masayarakat bahwa pemilu itu penting,” ujarnya.

Tampak hadir, unsur Forkopimda Aceh Tamiang, Komisioner Panwaslih Aceh, Kepala Sekretariat Panwaslih Aceh beserta jajaran, Ketua dan Komisioner KIP Aceh Tamiang, Ketua dan Komisioner Panwaslih Aceh Tamiang, Koordinator Panwaslih Aceh Tamiang serta jajaran, Camat Karang Baru, Para Datok Penghulu Kampung Kesehatan, Suka Jadi, Kampung Dalam, Bundar, Menanggini dan Tanjung Karang, para aparatur Kecamatan dan Kampng di wilayah Kecamatan Karang Baru, para Imam Kampung/Dusun di wilayah Kecamatan Karang Baru.