Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Peringati HUT Ke-74, Disperkim Bintan Menampilkan Atraksi Berupa Narasi, Aksi dan Musik

Liputanesia
3 Des 2022, 22:54 WIB Last Updated 2022-12-03T15:54:21Z
Pawai Budaya Hari Jadi ke-74, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Bintan Menampilkan Atraksi Berupa Narasi, Aksi dan Musik.

Liputanesia, Bintan - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Bintan Mengikuti Pawai Budaya yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan dalam rangka Sempena peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 74 Kabupaten Bintan yang berlangsung di Relief Antam Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Kamis, (1/12/2022).

Plt Kepala Dinas Perkim Bintan, Bayu Wicaksono menjelaskan, pada kesempatan itu, delegasi Pawai Dinas Perkim Kab Bintan berjumlah 33 orang yang dipimpin langsung oleh dirinya bersama istri dengan memakai baju Adat Melayu.

"Kita mengikuti pawai dengan mengusung konsep Cogan, melambangkan kebesaran Melayu, sesuai dengan semangat Dinas Perkim dalam bekerja dengan semangat memangku adat menjemput zaman, dan teka melupakan kearifan lokal. Takkan Melayu hilang di bumi," jelas Bayu Wicaksono.

Lanjutnya, penampilan terdepan memakai baju Melayu hanya sepasang, namun hal itulah yang melambangkan jumlah suku terbanyak, yaitu Melayu (35,6%), dikuti oleh 5 pasangan yang mengenakan baju adat dari 5 suku terbesar yang ada di Kabupaten Bintan, Jawa (22,2%), Tionghoa (9,3%), Minagkabau (9,3%), Batak (8,1%), dan Bugis (2,2%). Walau berbeda namun tetap satu juga (Bhineka Tunggal Ika).

"Kelima pasang ini menggambarkan 5 seksi yang ada di Dinas Perkim yang selalu siap melayani masyarakat Kabupaten Bintan," ucapnya.

"Setelah itu dapat dilihat dalam barisan selanjutnya terdapat 7 orang membawa bunga manggar memakai baju kurung Melayu berwarna Hitam, berompi Cream dan bersongket Oren. Serta 4 pasang memakai baju Melayu seragam bercorak Merah, Oren & Hijau. membawa bunga manggar merupakan lambang dari usia Kabupaten Bintan 74 tahun," tambah Bayu Wicaksono.

Tidak hanya itu, tim Pawai Budaya Dinas Perkim Bintan juga menampilkan atraksi berupa narasi, aksi dan musik, yang mana dalam persembahan tersebut Dinas Perkim Bintan mempersembahkan pertunjukan pertarungan Hang Tuah dan Hang Jebat.(T.4z)

Iklan