Peserta Rapat Evaluasi Penanganan Pemberantasan Pungli di Kota Blitar oleh Pemkot Blitar dengan Polres Blitar Kota, Kamis (7/11/2024)/Liputanesia.co.id/Dok. Pemkot Blitar. |
Agenda ini bertujuan untuk meninjau kembali pelaksanaan pencegahan pungli dan memastikan pelayanan publik di Kota Blitar berjalan transparans dan akuntabel.
Kegiatan ini dipimpin Wakil Walikota Blitar, Ir. H. Tjutjuk Sunaryo, M.M. dan dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait. Termasuk Waka Polres Blitar Kota, Inspektur Daerah Kota Blitar, serta lainnya.
Tjutjuk mengatakan pemberantasan pungli bukan hanya tugas kepolisian, tetapi juga melibatkan berbagai instansi pemerintah lainnya. Pihaknya menyoroti pentingnya transparansi dan pengawasan yang ketat, karena tanpa pengawasan yang baik, potensi keteledoran sangat besar terjadi.
Meskipun, Kota Blitar dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan komitmennya dalam pengelolaan keuangan dan pelayanan publik yang transparan, seperti penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) sebanyak 14 kali berturut-turut.
“Kerjasama semua pihak sangat penting untuk mewujudkan zero pungli. Terutama dengan adanya inovasi seperti parkir elektronik, yang lebih transparan dan mengurangi potensi pungli. Kami berharap melalui rapat evaluasi ini, kita bisa meningkatkan upaya pencegahan pungli di Kota Blitar,” kata Tjutjuk.
Sementara itu, Inspektur Daerah Kota Blitar, Ratih Dwi Indarti turut menyampaikan hasil evaluasi kegiatan pemberantasan pungli selama triwulan keempat tahun 2024. Menurutnya, meskipun sudah banyak hal positif yang dicapai, masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, terutama dalam pengelolaan parkir di Kota Blitar.
Pihaknya juga mengungkapkan perlunya perubahan mekanisme pembinaan pada tahun 2025, yang akan lebih fokus pada sosialisasi dan edukasi kepada seluruh pengguna layanan publik serta perangkat daerah.
“Ke depannya, kami akan lebih banyak melakukan sosialisasi, bukan hanya kepada pengguna layanan publik, tetapi juga kepada perangkat daerah. Ini agar seluruh pihak memahami pentingnya menjaga kualitas pelayanan dan menghindari pungli,” tambah Ratih.
Dengan berbagai pencapaian yang telah diraih, Pemerintah Kota Blitar optimis dapat menjaga integritas dan kualitas pelayanan publik, demi kesejahteraan masyarakat.
ADV