Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Demi Rebut Kursi, 23 Petahana Bertarung Lawan Politisi Muda, Mantan Dewan dan Geuchik

Hengki Syahjaya
13 Feb 2024, 19:41 WIB Last Updated 2024-02-13T13:04:18Z
Ilustrasi perebutan kursi Caleg DPRK Langsa, Selasa (13/02/2024), Liputanesia/Hengki.

Kota Langsa - 23 orang Petahana akan bertarung lawan Politisi muda, Pengusaha, mantan Dewan, mantan Geuchik, mantan Sekda, eks Kepala BNN bahkan Advocat pada Pemilu Legislatif 2024, Selasa (13/02/2024).

Pertarungan demi merebut kursi Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Langsa ini akan berlangsung dengan seru dan sengit, mengingat semuanya saling mengklaim menang dengan strategi dan cara masing-masing dalam meraih suara.

23 Petahana DPRK Langsa mulai dapil I Langsa Kota yaitu, Jeffry Sentana yang baru di PAW sekarang maju dari Partai PAN Kota Langsa Pimpinan Sulaiman Sira, Pangian Widodo Siregar dari Hanura, Zulfahmi masih dari PKS dan Zulkifli Latif yang pernah menduduki Ketua DPRK Langsa tetap maju dari Partai Aceh.

Mereka akan bersaing bersama mantan Sekda Kota Langsa Syahrul Thaib dari Golkar, mantan Kepala BNN Basri SH dari Nasdem, mantan Dewan Fadly Hendrian dari Gerindra, Syarifah Sofia yang sekarang sebagai PAW Dewan Gerindra, mantan Geuchik M Nasir dari Gerindra dan M Daniel Husen dari PKB serta dan Ali Basyah Tanjung mantan Ketua PPP.

Ada juga Politisi Muda Mukris Jumadi dari Golkar yang juga Ketua AMPG, Anwar Fuadi (Ogek) dari Nasdem, Bahagia Noerda dari PNA, Muhammad Yassa dari Demokrat, Syarifah Nuraini dari PDIP, Ariansyah Nur dari PA dan Advokat Muhammad Iqbal dari Gelora serta Muslim A Gani yang pernah menjabat Wakil Ketua DPRK Aceh Timur dari partai Golkar.

Sementara itu untuk Dapil II Langsa Timur dan Langsa Lama ada petahana Melvita Sari yang juga baru di PAW maju bersama Fajri yang sering dipanggil Ateng dari partai PAN, Zulfikar dari Demokrat, Rosmaliah dari Golkar, ada Samsul Bahri alias Robert dan Hj Rosmawati (Bu Dedek) dari Partai Aceh serta Murdani dari Hanura yang baru menjadi Anggota DPRK Langsa hasil PAW.

Petahana dari Dapil II akan bersaing bersama mantan dewan PA, Zulfian yang sekarang maju dari Gerindra, Novita Bayani yang baru saja menjadi anggota dewan dari Gerindra hasil PAW, Ketua PDIP Langsa, Sofyanto, ada Ibu Susilawati AW dari PAN, dr Dahniar dari PPP, Geuchik Muzakir dari PNA, serta mantan Danramil Kapten (Purn) Erman dari Golkar, politisi muda Bustami Adoe dari PA, Muhammad Ihsan dan Yana Ayudhia dari Golkar, Ricki Hendra Patria dan Teuku M Chabibi dari PKS, Nakim dari Hanura serta mantan Ketua PKS Muharman yang maju dari Gelora.

Sedangkan dapil III Langsa Baro ada Petahana Maimul Mahdi dari PA, Saifullah dan Rubian Harja dari Golkar, Ketua PNA T Helmi Mirza, Hj Sri Keumala Nurli dari Nasdem, T Ratna Laila Sari dari Demokrat dan Muhammad Ali dari PDIP.

Para pertahana dari Dapil III ini akan bersaing bersama mantan Ketua KIP Langsa, Ngatiman yang maju dari PAN, mantan Geuchik Amat Tukiran yang dikenal dengan Bandot dari PKS serta Hasballah dan Ensari dari Nasdem, politisi muda Fahrurrazi anak Yan Pakeh dari Gerindra, Reza Firman dari Hanura, M Bayu Setiawan dari Demokrat, Rizkitullah atau Cut Dek dari PAN, Henni Astuti br Ginting dan dr Febri Haska Putra serta Zulhaq IT ST dari PKS, Sekretaris Nasdem Teuku Luthan atau Pondek, Sri Wahyuni Dewi dari PPP dan Budi Gani atau Bogham dari PKB serta Ketua AMPI Kota Langsa, Khairul Rizky dari Golkar.

Sementara itu di dapil IV Langsa Barat ada Petahana Burhansyah (Kapolda) mantan Ketua DPRK Langsa, Ketua PKS Noma Khairil, Ketua Gerindra Irwanto, Sekretaris Hanura Faisal Amd dan Sekretaris Demokrat, Ferizal Amri.

Petahana di dapil IV akan bertarung lawan mantan Ketua KPA Langsa, Muhammad Isa, Ketua BKPRMI Langsa Teuku Zubir, Siti Wardah dan Wira anak Geuchik Matang Seulimeng dari partai PAN, Irfan Ardi dari Golkar, Tengku Faisal mantan Ketua FPI dan Munandar dari PAS, Chairul Junanda Nasdem, Nurhayati dari PDIP dan Sadaruddin alias Cadek dari Hanura, ada juga Suhaida atau Ida Acoy dari PNA dan tokoh pemuda, Darkasyi yang sekarang menjabat Sekretaris PNA.

Kita lihat apakah petahana DPRK Langsa ini akan menang kembali dalam pertarungan atau mereka akan terkalahkan oleh pesaing-pesaing baru, baik para Politisi muda, Pengusaha, Advocat atau mantan-mantan lainnya.

Namun hasil survey penulis secara lisan kepad masyarakat, banyak yang menginginkan perubahan dan mengharapkan para kaum muda serta Caleg berpendidikan dan lebih banyak pengalaman yang menjadi anggota DPRK Langsa periode 2024-2029 agar lebih perduli dengan aspirasi masyarakat di Kota Langsa kedepannya.

(Penulis: Sukma M Thaher, SPd.)

Iklan