Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Pj Walikota Tinjau Proses Pelipatan Surat Suara Pemilu

Hengki Syahjaya
10 Januari 2024, 14:35 WIB Last Updated 2024-01-10T10:29:14Z
Pj Walikota Langsa Syaridin bersama Ketua KIP Ridwan, didampingi Asisten I Suriyatno dan Kasubbag KUL Sekretariat KIP Kota Langsa, Dedy Alfisyahrin, serta disaksikan oleh Ketua Panwaslih Taufiqurahman, Rabu (10/01) saat memeriksa salah satu surat suara, Liputanesia/H5J.


Kota Langsa - Pj Walikota Langsa Syaridin, meninjau proses pelipatan surat suara pemilu yang sedang berlangsung di Kantor KIP dan mengecek gudang penyimpanan surat suara Pemilu.

Kegiatan pelipatan surat suara di Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa, Jalan Perumnas, Gampong Birem Puntong, Kecamatan Langsa Baro, Rabu (10/01/2024).

Dalam peninjauan proses lipat surat suara Pj Walikota Langsa Syaridin, didampingi oleh Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Suriyatno, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Muzammil, Kaban Kesbangpol Zulhadisyah, Sekretaris KIP M Dahlan, Ketua KIP Ridwan dan Anggota, serta Ketua Panwaslih Taufiqurahman.

Pj Walikota Langsa Syaridin dalam peninjauan proses lipat surat suara pemilu menyampaikan pesan dan arahan pada petugas bahwa jangan coba-coba mencoblos, atau memberi tanda pada yang disenangi atau yang tidak disenangi.

Apabila ini didapatkan, maka akibatnya akan fatal, kami ucapkan terima kasih sudah membantu Pemerintah Kota Langsa untuk mempersiapkan pelaksanaan Pemilu yang tinggal satu bulan lagi, tegas Syaridin.

"Mudah-mudahan kita dapat menyelesaikan lipat surat suara ini sampai dengan selesai, kita bersama juga berharap Kota Langsa jangan ada persoalan," harapnya.

Hanya ini yang dapat saya sampaikan, sekali lagi terima kasih dan kami memberikan apresiasi atas kerja keras atas keseriusan semua dalam melaksanakan kegiatan melipat surat suara pemilu, ucapnya.

Selanjutnya Pj Walikota Syaridin meninjau dua gudang penyimpanan surat suara pemilu, dan menegaskan pada Kasubbag KUL Sekretariat KIP Kota Langsa, Dedy Alfisyahrin, agar penempatan surat suara nantinya harus sesuai, jangan sampai tertukar atau salah letak.

“Saya sebagai penanggung jawab teratas sudah mengingatkan pada panitia penyelenggara Pemilu, dengan disaksikan oleh perwakilan Personil Polres dan awak media,” ungkap Pj Walikota Langsa Syaridin.




Sementara Ketua KIP Ridwan, melalui Kasubbag KUL Sekretariat KIP Kota Langsa, Dedy Alfisyahrin, saat mendampingi Pj Walikota Langsa dalam peninjauan dua gudang penyimpanan kertas suara pemilu menyampaikan bahwa akan melakukan proses persiapan dengan sebaik mungkin dan teliti, agar tidak terjadi kesalahan.

Pelaksanaan pelipatan dan sortir surat suara dilaksanakan mulai tanggal 6-11 Januari 2024, dimulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB setiap harinya dengan melibatkan 150 orang tenaga lipat yang dibagi menjadi 10 tim, dengan total jumlah surat suara 669.495 lembar, ujarnya.

"Surat suara yang dilipat terdiri dari 8 jenis yaitu surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPRI RI, DPD RI, DPR Provinsi Aceh. Lalu, DPR Kota meliputi kertas suara DPRK dapil I, DPRK dapil II, DPRK dapil III dan DPRK dapil IV," jelasnya.

Sedangkan untuk honor petugas yaitu untuk surat suara presiden dan wakil presiden, Rp.300 - perlembar, serta surat suara untuk DPRI, DPD, dan DPRA serta DPRK Rp.450,- perlembarnya, tandas Dedy Alfisyahrin.

Iklan