Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Pj Walikota Syaridin Pimpim Apel Hari Pramuka ke-62

Hengki Syahjaya
25 Okt 2023, 14:16 WIB Last Updated 2023-10-26T08:10:22Z
Penjabat Walikota Langsa Syaridin Pimpin Apel Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023.

Kota Langsa - Penjabat Walikota Langsa Syaridin, menjadi pemimpin apel dalam peringatan hari Pramuka ke-62 Tahun 2023, Tribun Lapangan Merdeka, Jalan Jendral Ahmad Yani, Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Rabu (25/10/23).


Pj Walikota Langsa Syaridin dalam membaca membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, menyampaikan

“Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023, ngusung Tema “Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan Sdm Yang Profesional Dan Berwawasan Kebangsaan.”

 

Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan.


Di samping itu, Wawasan Kebangsaan Juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara, terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan Kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan, ucap Syaridin.


Harus diakui, jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya mash sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumiah dan Kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan. Berkaitan dengan hal tersebut, Kwartir Nasional juga telah menaruh perhatian pada peningkatan Kualitas Gugusdepan Pramuka dimanapun berada, lanjutnya.


"Untuk itu, saya berharap bahwa kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan Kualitas Gugusdepan yang berada di wilayah masing-masing."


Pada tahun ini Juga akan dilaksanakan sejumlah kegiatan nasional. Kegiatan tersebut di antaranya Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada tingkat Nasional, Musyawaranh Pramuka Penegak dan Pandega Putri-Putra Nasional (Musppanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh, ujar Syaridin.


Marilah kita bersama-sama untuk mendukung serta mensukseskan kegiatan-kegiatan tersebut. Saya berharap kirаnya kakak-kakak dan adik-adik turut mendukung pelaksanaan berbagai Kegiatan tingkat nasional tersebut, ajaknya.


"Khusus terkait Musppanitra dan Munas Gerakan Pramuka, saya berharap agar Kwartir Daerah tidak sekadar memperhatikan soal pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas saja, melainkan juga ikut membahas Rencana Strategis, Rencana Kerja, dan Program Kerja Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan."


Pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas jangan dijadikan ajang seperti pemilihan dalam kaitan politik praktis; justru kita hendaknya tetap mengutamakan persanabatan dan persaudaraan sesuai dengan Kode Kehormatan kita, yaitu Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Ingatlah bahwa sesungguhnya Kita semua adalah bersaudara, dan apabila terdapat masalah internal hendaknya cukup diselesalkan di antara kita sendiri, terangnya.


"Sementara itu, terkait dengan Rencana Strategis, Rencana Kerja, dan Program Kerja, saya meminta perhatian Kakak-kakak semuanya agar dapat untuk ikut membahasnya dengan sebaik mungkin. Ini dimaksudkan agar jalannya aktivitas Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan dapat semakin eksis dan lebih optimal."


Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman, tegasnya.


Kita agar melalui perbalkan Undang-Undang tersebut dan pengembangan teknologi dan informasi akan dapat menjadikan Gerakan Pramuka semakin berdaya guna dan berhasil guna. Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Presiden dan Wakil Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional dan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Kapolri, harapanya.


Semua pejabat negara di tingkat pusat; para Gubernur, Walikota, Bupati dan Camat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah, Majelis Pembimbing Cabang dan Majelis Pembimbing Ranting, para Pembina Gugusdepan di mana saja, dan semua pihak yang telah turut serta membantu mengembangkan Gerakan Pramuka dapat lebih balk dan maju.Khusus kepada para Ketua, Waki Ketua, dan anggota Majells Pembimbing di semua tingkatan, saya berharap kiranya terus dapat memberikan bimbingan serta bantuan baik secara moril maupun materil dalam rangka memajukan Gerakan Pramuka, imbuhnya.


Saya tak lupa juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para orangtua yang telah mempercayakan anak-anakya untuk dididik dalam Gerakan Pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung pendidikan, semoga Gerakan Pramuka semakin jaya dan sukses. Dirgahayu Gerakan Pramuka Ke-62. Satu Pramuka untuk Satu Indonesia. Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia, tutup Pj Walikota Syaridin.

Iklan