Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

DSI Gelar TC Tahap Kedua Bagi 49 Peserta MTQ

Hengki Syahjaya
23 Okt 2023, 16:04 WIB Last Updated 2023-10-23T09:04:58Z
Asisten I Pemerintahan Kota Langsa Suriyatno, saat membuka acara TC tahap II MTQ.

Kota Langsa - Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSI) Training Center (TC) tahap kedua untuk 49 peserta yang akan mengikuti ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 36 Provinsi Aceh pada 26 November 2023 mendatang di Kabupaten Simeulue.


Plt Kepala Dinas Syariat Islam Kota Langsa, Fazzaruddin, Senin (23/10/23) menyampaikan, bahwa kegiatan TC mengasah keterampilan seni dalam membaca Alquran dan penulisan khat serta makalah dalam ajang MTQ tingkat Provinsi Aceh. 


Proses pembelajaran serta tehnik membaca dan metode penulisan yang diajarkan dapat diadopsi dengan baik oleh peserta untuk memperbaiki segala kelemahan-kelemahan yang ada selama ini.


Pihak DSI mengundang pelatih tingkat Provinsi sebanyak 5 orang pada TC ke II ini untuk mempertajam cabang-cabang yang diunggulkan pada perhelatan MTQ mendatang.


Kegiatan sesuai surat keputusan (SK) Walikota Langsa Nomor 444/451.15/2023 tanggal 13 Oktober 2023 tentang pembentukan panitia pelaksanaan Training Center tahap 2 Musabaqah Tilawatil Quran 36 Aceh kafilah kota Langsa tahun 2023.


Kegiatan pelaksanaan Training Center tahap 2 Musabaqah Tilawatil Quran ke 36 tahun 2023 ini, sambung Kadis DSI yang akrab disapa Tgk.Fauzan ini, akan dilaksanakan dari tanggal 23 sampai 24 Oktober, sementara pelaksanaan seleksi Training Center tahap 2 Musabaqah Tilawatil Quran akan dilaksanakan 8 cabang yang terbagi kedalam beberapa tempat/arena seleksi yaitu:

1. Mushalla MUQ Kota Langsa -Cabang Tartil & Tilawah Al-Qur’an

2. Aula Sekretariat MUQ Langsa Cabang Qiraat Sabah

3. Aula Pengasuhan Lantai II MUQ Langsa – Hifdzil Qur’an

4. Balee Guest House MUQ Langsa

Cabang Tafsir Alquran

5. Panggung Pelangi MUQ Langsa – Cabang Khattil Quran Quran

6. Ruang Bakat MUQ Langsa Cabang Fahmil Alquran 7. Rumah Syeh MUQ Langsa Cabang Musabaqah Menulis Al-Quran (MMQ). dan 8. Arena Panggung Pelangi Cabang Khat, urainya.


Fauzan menambahkan, “untuk Cabang Tartil dan Tilawah Al-qur’an diikuti oleh: 7 orang putra dan putri terdiri dari:

a. Gol. Tartil Qur’an Putra/Putri 2 Orang b. Gol. Anak-Anak Putra/Putri 2 Orang

c. Gol. Remaja Putra/Putri 2 Orang

d. Gol. Dewasa Putra 1 orang


2. Cabang Qiraat Sabah diikuti oleh : 8 orang putra dan putri terdiri dari :

a. Gol. Qira’at Sab’ah Remaja Mujawwad

Putra/Putri 2 Orang.

b. Gol. Qira’at Sab’ah Remaja Murattal Putra/Putri 2 Orang.

c. Gol. Qira’at Sab’ah Dewasa Mujawwad

Putra/Putri 2 Orang.

d. Gol. Qira’at Sab’ah Dewasa Murattal

Putra/Putri 2 Orang.


3. Cabang Hifzhil Qur’an diikuti oleh : 7 orang putra dan putri Terdiri dari:

a. Hafizh 1 Juz dan Tilawah Putra/Putri 2 Orang.

b. Hafizh 5 Juz dan Tilawah Putri 1 Orang

c. Hafizh 10 Juz Putra/Putri 2 Orang

d. Hafizh 20 Juz Putra 1 Orang

e. Hafizh 30 Juz Putra 1 Orang


4. Cabang Tafsir Al-Qur’an diikuti oleh: 5 orang putra dan putri terdiri dari: a. 2 (dua) Orang Bahasa Indonesia Putra/Putri. b. Golongan Bahasa Inggris Putra/Putri 2 (dua) Orang. c. Golongan Bahasa Arab Putri 1 Orang.


5. Cabang Khattil Qur’an diikuti oleh: 8 orang putra dan putri terdiri dari:

a. Gol. Hiasan Mushaf Putra/Putri 2 Orang.

b Gol. Dekorasi Putra/Putri 2 Orang

Golongan Naskah Putra/Putri 2 Orang. d. Gol Kontemporer Putra/Putri 2 Orang, sementara untuk pelatih diambil dari pelatih lokal sebanyak 18 orang dan pelatih dari Provinsi sebanyak 5 orang, pungkas Fauzan


Asisten I Pemerintahan Kota Langsa Suriyatno, mengatakan, para peserta yang telah dilegalkan melalui Surat Keputusan (SK) Walikota Langsa sebagai kafilah daerah merupakan peserta terbaik yang dihasilkan melalui tahapan-tahapan yang telah dilakukan oleh pihak panitia dan kepada peserta sudah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan-pelayanan sesuai kemampuan daerah.


Dirinya berharap, pelatih dan pendamping yang telah ditunjuk agar terus berusaha secara maksiamal melakukan pembinaan kepada peserta dan diharapkan kepada seluruh wali peserta agar memberikan peluang serta mendorong anaknya untuk ikut berkontribusi mengikuti semua pelatihan-pelatihan yang diberikan, ungkapnya.


Sementara, pelatih Provinsi Aceh, Ustad H Yusuf Jamil MA menyampaikan, menjelang even MTQ Provinsi yang tinggal menghitung hari, pihaknya berharap kepada seluruh peserta untuk banyak mengulang dan membaca secara mandiri, harus mampu melakukan singkronisasi variasi dengan irama-irama yang telah diberiakan berdasarkan juknis kriteria penilaian.


Peserta harus mampu menjaga kesehatan agar mampu tampil maksimal serta sangat penting mendapatkan nilai dengan baik. Karna setiap peserta harus menanamkan dalam dirinya target untuk menang dan juara,” ungkapnya.

Iklan