Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Plt Bupati Buka Acara Gelar Forum Koordinasi Stunting

Liputanesia
31 Mei 2023, 21:45 WIB Last Updated 2023-05-31T16:07:15Z

Bener Meriah - Pemkab Bener Meriah, menggelar forum koordinasi stunting tingkat kabupaten Tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula Homestay Mahperi Lungi, Rabu (31/5/2023). Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Plh Bupati Armanyah.

Dalam sambutanya, Armansyah mengatakan, penurunan Stunting menitik beratkan pada penanganan penyebab masalah gizi. Terkait dengan masalah gizi ini, berhubunngan dengan ketahanan pangan, khususnya akses terhadap pangan bergizi.

“Selain itu, lingkungan sosial yang terkait dengan praktik pemberian makanan bayi dan anak, akses terhadap pelayanan kesehatan untuk pencegahan dan pengobatan, serta kesehatan lingkungan yang meliputi tersedianya sarana air bersih dan sanitasi,” jelasnya.

Menurut Armansyah, penurunan stunting merupakan salah satu program Presiden RI, Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. Implementasi dari peraturan tersebut, disusunya Rencana Aksi Nasional Pasti (RAN-Pasti) sebagai pedoman dan panduan bagi pemerintah pusat, daerah hingga level desa dalam melaksanakan program pemerintah stunting.

“Kabupaten Bener Meriah sendiri memiliki komitmen tinggi dalam percepatan penurunan stunting. Hal itu, terbukti dari capaian prevelensi stunting kabupaten. Dimana, target nasional penurunan stunting ditahun 2024 harus mencapai 14 persen. Sedangkan kita telah mampu menurunkan angka stunting dari sebelumnya 40 persen di tahun 2022 menjadi 37 persen," paparnya.

Ditambahkan, Kabupaten Bener Meriah tidak hanya menitik beratkan pada penurunan angka, namun fokus bagaimana mengedukasi masyarakat mulai dari hulu, sehingga stunting ini bisa dipahami dan dicegah sedini mungkin.

“Kepada seluruh peserta forum koordinasi untuk dapat mengikuti dengan serius dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh pemateri sehingga menjadi bahan tambahan dalam menangani stunting di Kabupaten Bener Meriah,” pinta Armansyah.

(Ama Roby)

Iklan