Notification

×

Pola Hidup Sehat Dengan GYM, Baik Anak-anak Maupun Orang Dewasa

13 Jul 2022 | Juli 13, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-11T08:20:03Z

@Liputanesia

Liputanesia, Olahraga – Gym dapat diartikan sebagai tempat atau lokasi untuk melakukan kegiatan latihan dan olahraga seperti layanan senam, atletik, dan ataupun juga kardio.

Gym juga akan mampu menjaga kesehatan kulit Anda, karena kegiatan fisik tersebut mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen di dalam tubuh yang berakibat baik dalam penyerapan nutrisi untuk kulit.

Setiap manusia memerlukan olahraga, tak terkecuali anak-anak. Sama halnya pada orang dewasa, olahraga lewat ngegym memberikan banyak manfaat untuk anak. Olahraga dapat membangun otot dan tulang anak, menjaga kesehatan jantung dan paru-parunya. Selain itu olahraga bagi anak bisa mencegah obesitas, serta mencegah berbagai penyakit metabolik seperti tekanan darah tinggi dan diabetes saat ia dewasa.

Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang membuat seseorang—baik orang dewasa maupun anak-anak merasa nyaman dan senang. Hal ini didukung oleh berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa anak yang gemar berolahraga akan tumbuh menjadi anak yang ceria, penuh semangat, dan jarang depresi saat remaja. Tak hanya itu, anak yang sejak kecil terbiasa melakukan aktivitas fisik cenderung memiliki pola hidup sehat saat ia dewasa.

Adapun manfaat gym yaitu:

1. Membantu Metabolisme Tubuh dan Proses Detoksifikasi

Ada banyak faktor yang dapat memperlambat metabolisme tubuh, salah satunya aktivitas

fisik yang rendah. Ketika metabolisme tubuh melambat, tubuh cenderung kesulitan memproses makanan untuk menghasilkan energi. Alhasil, terjadilah penurunan massa otot dan tubuh pun akan menimbun lebih banyak lemak.

2. Membantu Meredakan Stres

Manfaat olahraga fitness di gym selanjutnya adalah membantu meredakan stres. Ketika berolahraga, produksi hormon endorfin akan meningkat. Endorfin adalah senyawa kimia di dalam otak yang berperan sebagai painkiller (obat anti nyeri) alami dan dapat membuat suasana hati kamu jadi lebih baik. Bukan hanya itu. Olahraga pun dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat tubuh lebih rileks. Dengan begitu, gejala seperti stres, depresi ringan, dan gangguan kecemasan yang kamu alami dapat perlahan mereda.

3. Meningkatkan Energi

Kalau kamu mengira olahraga akan membuat badan jadi lemas dan kelelahan, kamu salah besar. Pasalnya, olahraga justru dapat meningkatkan energi dan stamina tubuhmu. Hal ini pun diamini oleh Robert Gotlin, Do, seorang dokter spesialis olahraga di Lenox Hill Hospital dan Mt. Sinai Hospital di New York. Dalam laman Everyday Health, Gotlin menjelaskan bahwa manfaat olahraga secara keseluruhan adalah meningkatkan energi dan stamina tubuh.

4. Mengurangi Risiko Penyakit

Rutin melakukan olahraga fitness di gym juga dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai ancaman penyakit kronis di kemudian hari. Mulai dari asma, penyakit hipertensi, penyakit jantung, stroke, diabetes, pengeroposan tulang (osteoporosis), hingga kanker. Hal ini karena aktivitas fisik dan olahraga akan meningkatkan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Aliran darah yang lancar memengrahui asupan oksigen di dalam tubuh. Bagi orang yang sebelumnya sudah punya riwayat penyakit kronis, olahraga dapat membantu meringankan gejalanya dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Penulis : Ray Al gafar Noor Fane Mahasiswa IAIN Langsa Fakultas Syariah Prodi Hukum Tata Negara.