![]() |
Walikota Blitar Syauqul Muhibbin Saat Berikan Penghargaan Kepada Pimpinan OPD Peraih Predikat Terbaik di SAKIP Award 2025, Selasa (19/8/2025)/Liputanesia.co.id/Foto: Faisal Nur Rachman. |
Pada kesempatan itu, Mas Ibbin berkesempatan memberikan sambutan pengarahan sekaligus motivasi dan lecutan kepada segenap jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar untuk terus berbenah serta meningkatkan pelayanan terbaik untuk masyarakat.
Dikatakannya, sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) adalah instrumen untuk memastikan bahwa setiap rupiah anggaran yang dikelola pemerintah daerah benar-benar memberi manfaat nyata kepada masyarakat.
SAKIP bagi Mas Ibbin bukan hanya laporan di atas kertas, melainkan cerminan komitmen dalam merencanakan, melaksanakan, mengukur dan melaporkan kinerja secara tepat, terukur dan berkelanjutan.
"Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pemerintah daerah yang telah bekerja keras dalam menerapkan SAKIP. Hasil evaluasi SAKIP yang telah dicapai, baik yang mendapat predikat memuaskan maupun yang masih perlu ditingkatkan, adalah bukti nyata komitmen kita untuk terus berbenah dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ungkap Mas Ibbin.
Walikota menyampaikan, semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi di masa depan.
"Pada akhirnya, tujuan dari penerapan SAKIP adalah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh jajaran pemerintah daerah untuk terus berinovasi, bekerja keras dan berkolaborasi dalam mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel dan melayani. Jalan kita masih panjang untuk memberikan yang terbaik bagi Kota Blitar," pungkasnya.
Diketahui, pada acara ini dihadiri Sekda Kota Blitar, para kepala OPD, camat, lurah hingga jajaran dari masing-masing OPD lingkup Pemkot Blitar. Adapun 3 perangkat daerah yang meraih predikat terbaik pada SAKIP Award 2025 adalah:
1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
2. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.
3. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.
Dengan diraihnya prestasi ini, Pemerintah Kota Blitar berharap semangat untuk bekerja lebih baik, transparan, dan berorientasi pada pelayanan masyarakat dapat terus tumbuh di seluruh perangkat daerah yang berkualitas demi kemajuan dan kesejahteraan warga Kota Blitar.