Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Kementerian ESDM Pastikan Progres Ketenagalistrikan di IKN Berjalan Lancar

Liputanesia
04 Mei 2024, 15:21 WIB Last Updated 2024-05-04T08:21:25Z
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pastikan progres ketenagalistrikan berjalan lancar/Dok.Ist. 

Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan bahwa progres infrastruktur ketenagalistrikan di Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini berjalan dengan baik dan lancar.

Apalagi, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman P Hutajulu mengatakan, pembangunan Infrastruktur ketengalistrikan merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung IKN.

“Pasokan listrik yang ramah lingkungan berbasis energi baru terbarukkan akan menjadi pioneer kelistrikan di IKN,” ucap Jisman dalam keterangannya, Sabtu (4/5/2024).

“Salah satu infrastruktur di IKN adalah ketenagalistrikan, oleh karena itu hal ini menjadi sangat penting, karena apabila tanpa listrik, maka tidak akan ada yang bergerak di sana,” tambahnya.

Selain itu, ia menjelaskan, persiapan infrastruktur kelistrikan dari hulu ke hilir juga harus didetailkan agar dapat memitigasi potensi atau risiko permasalahan yang akan muncul.

“Harapannya agar kesiapan listrik sebagai salah satu infrastruktur pendukung utama terbentuknya IKN bisa dapat segera dimatangkan sesuai dengan konsep yang telah diusung,” jelasnya.

Dengan demikian, ia berharap agar setiap permasalahan yang muncul terkait teknis dan standarisasi kelistrikan dapat diselesaikan dengan baik, bersama dengan PLN dan seluruh pihak-pihak atau Kementerian/Lembaga terkait.

Apalagi, PLN juga memiliki kewajiban untuk melaporkan perkembangan atau progres yang ada secara periodik per 3 bulan.

“Untuk itu, saya berharap dengan kedatangan kami, terdapat laporan yang lebih khusus ke Menteri ESDM sehingga keraguan atau pengawasan terhadap pengembangan infrastruktur bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto memastikan bahwa pihaknya akan segera melaporkan secara khusus terkait kondisi terkini serta proyeksi kelistrikan hingga akhir 2024 dan seterusnya sesuai dengan arahan.

Tak hanya itu, ia juga menyinggung terkait persiapan PLN dalam mempersiapkan Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 yang akan datang.

“Saat ini PLN telah mempersiapkan acara peringatan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2024 dan sebelumnya acara peringatan HUT RI dilaksanakan akan ada beberapa kantor yang beroperasi pada Juli 2024 dan tentunya pasokan listrik harus dipersiapkan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah menyampaikan, PT PLN melalui PLN Nusantara Power akan memberikan pasokan listrik IKN dengan konsep forest city yang pintar, indah, dan ramah lingkungan antara lain dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 50 MG yang akan dipergunakan untuk melistriki IKN, termasuk pada saat kegiatan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 mendatang.

“PLTS IKN ini bisa beroperasi tepat waktu dan bisa digunakan melistriki IKN saat upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Sinkronisasi tahap pertama dengan kapasitas 10 MW telah berhasil dilakukan sesuai jadwal. Kemudian, kami juga akan melanjutkan dengan sinkronisasi untuk 40 MW sisanya dan lakukan uji coba hingga nanti PLTS ini bisa beroperasi komersial melistriki IKN,” ujarnya.

(Hawa A)

Iklan