Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Pertamina Pastikan Ketersediaan Stok BBM Saat Arus Balik Idul Fitri 1445 H

Liputanesia
13 April 2024, 23:44 WIB Last Updated 2024-04-13T17:50:41Z
Gambar Ilustrasi/Liputanesia/Dok.Peluangnews-Hawa A.

Jakarta - Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk terus mempersiapkan dan memonitor ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) di jalur-jalur krusial, khususnya dalam rangka puncak arus balik Idulftiri 2024.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra mengatakan bahwa komitmen ini salah satunya dilakukan dengan melakukan peninjauan secara langsung di jalur Yogyakarta menuju akses tol fungsional Klaten, Jawa Tengah.

Menurutnya, kehandalan layanan saat arus balik sama pentingnya seperti arus mudik Lebaran pada tahun ini.

“Untuk itu, kami di lapangan akan terus siaga memastikan BBM tersedia bagi masyarakat. Berkaca pada arus mudik, tol fungsional Klaten menuju Yogyakarta ini menjadi salah satu jalur yang ramai dimanfaatkan oleh para pemudik,” ujar Ega dalam keterangannya yang diterima Peluang News, Sabtu (13/4/2024).

“Apalagi, pada masa mudik lalu, terjadi peningkatan sekitar 39% untuk konsumsi BBM gasoline di jalur Sragen menuju Yogyakarta,” tambahnya.

Ega menyampaikan, selain mengantisipasi adanya lonjakan konsumsi BBM, Pertamina Patra Niaga juga tebgah menyiagakan 2 motorist Pertamina Delivery Service (PDS), 1 berada di gate fungsional Banyudono – Boyolali dan 1 bersiaga di exit Ngawen – Klaten.

“Terjadi lonjakan konsumsi BBM, sedangkan di tol fungsional ini belum ada akses SPBU, disinilah manfaat motorist hadir. Saat arus mudik lalu, ada 3 pemudik yang dibantu oleh layanan motoris kami,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Ega menyatakan, pihaknya juga telah melakukan pengecekan di beberapa rest area di wilayah Sragen.

Berdasarkan peninjauan, SPBU di rest area perbatasan seperti Sragen ini sangat strategis karena berada di tengah perjalanan arus balik dari berbagai wilayah di Jawa Timur.

“Kami pastikan bahwa stok di SPBU rest area tersedia, mobile storage atau mobil tanki standby berisi BBM juga masih kami siagakan,” tegas Ega.

“Untuk itu, kami mengimbau agar para pemudik dapat terus mengecek BBM-nya dan upayakan agar selalu terisi penuh ketika bisa mengisi, dan jika darurat butuh BBM di tengah perjalanan, silakan hubungi 135,” sambungnya.

(Hawa A)

Iklan