Para penumpang saat antri di Bandara SIM, Senin (15/04/2024), saat arus balik Lebaran, Liputanesia/Hengki. |
Aceh Besar - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II selaku pengelola Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, memastikan alat pemindahan barang atau conveyor belt keberangkatan dan kedatangan berfungsi dengan baik. Sehingga, waktu tunggu tidak lama pada periode arus balik Idulfitri 1445 Hijriah ini.
“Kita juga memastikan seluruh fasilitas check in counter dan mesin self check in berfungsi dengan baik, sehingga antrean terurai dan tidak terjadi kepadatan,” kata Executive General Manager AP II Bandara SIM, Darmadi, Senin (15/4/2024).
Untuk mendukung kelancaran arus balik Lebaran, pihaknya juga menyiagakan personel, khususnya di area rawan terjadi penumpukan dan antrean.
“Pada intinya, kita terus memastikan seluruh fasilitas berfungsi dengan baik dan personel siaga untuk kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jas Bandara,” katanya.
Menurut dia, hingga saat ini peningkatan arus balik belum terlihat signifikan di Bandara Internasional SIM, di mana jumlah pergerakan penumpang pada Sabtu (13/4/2024) sebanyak 2.001 penumpang yang diangkut dengan 20 pesawat.
Adapun puncak mudik Lebaran di Bandara Internasional SIM Blang Bintang terjadi pada 6 April atau H-4 sebanyak 2.754 penumpang.
Sebagai informasi, Bandara Internasional SIM memiliki dimensi landas pacu 3.000 x 45 meter dengan area parkir pesawat mampu menampung delapan pesawat.
Adapun kapasitas terminal sekitar 1,5 juta penumpang per tahun dan berkisat 4.000 penumpang per hari.