Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Rakor Pemuktahiran Data Pemilu Bagi Panwascam

Hengki Syahjaya
8 Feb 2024, 20:38 WIB Last Updated 2024-02-08T13:38:38Z
Komisioner Bawaslu, Sri Wahyuni, saat Rakor Pemuktahiran Data Pemilu, Kamis (08/02/2024) di salah satu cafe Kota Langsa. Liputanesia/Hengki.

Kota Langsa - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar rapat koordinasi Pemuktahiran Data Pemilu, bagi Pengawas Kecamatan (Panwascam) lima Kecamatan, di salah satu cafe, Kamis (08/02/2024).

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan Partisipatif Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Langsa, Sri Wahyuni, menyampaikan pada peserta kegiatan bahwa Pengawas Pemilu sesuai dengan kewenangan masing-masing melaksanakan tugas pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan suara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sri Wahyuni menjelaskan tugas pengawasan sebagaimana dimaksud melalui: Pencegahan pelanggaran Pemilu pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara, Pengawasan secara langsung, Patroli pengawasan, Pemanfaatan dan pengelolaan sistem informasi pengawasan Pemilu.

Pengawasan partisipatif, Pelayanan pengaduan masyarakat, Tindak lanjut hasil pengawasan, dan Bentuk dan atau metode pengawasan lain sesuai dengan kebutuhan pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan suara, memastikan akurasi data Pemilih dan penggunaan hak pilih, lanjut Sri Wahyuni.

Sedangkan tugas Pengawas TPS pada Undang Undang No.7 Tahun 2017 antara lain, bertugas mengawasi; persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, pelaksanaan penghitungan suara, dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS, pungkas Sri Wahyuni.

Iklan