Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Sirene Darurat PT PLN NP Menggema, Ada Apa?

Ahmad Mirzda
7 Des 2023, 16:52 WIB Last Updated 2023-12-07T14:32:20Z

 

Proses saat simulasi gempa di PLN NUSANTARA POWER kamis 7 Desember 2023. Foto: Ahmad Mirzda 

Lhokseumawe – sirene darurat menggema di sekitaran gardu  PT. PLN NUSANTARA POWER unit pembangkit Arun kota Lhokseumawe, kamis 7 Desember 2023.


Para pegawai  terlihat menunduk dan panik di area perusahaan dan teratur berjalan menuju area evakuasi. di samping itu, tim penyelamat bahu membahu menyelamatkan korban yang tergeletak tak berdaya menggunakan tandu khusus.


Bukan apa-apa, kepanikan dan huru hara itu ternyata  simulasi antisipasi dan penanganan gempa bumi dengan tujuan peningkatan pengetahuan dan kesiapsiagaan seluruh pegawai dalam menghadapi bencana alam tersebut.


Kegiatan simulasi yang berlangsung di halaman Kantor PLN NP Untuk Pembangkit Arun tersebut bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Lhokseumawe dan Tim SAR Aceh Utara, Kamis 7 Desember 2023.


Manajer Unit PLN NP UP Arun Kornel Bram Rahadi mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dan simulasi tersebut sangat penting dilakukan untuk diketahui oleh seluruh pekerja dan juga sebagai langkah antisipatif penanganan bencana gempa bumi.


 "Simulasi dan sosialisasi tanggap darurat gempa ini dapat membekali seluruh pegawai yang menjadi peserta dengan pengetahuan yang mumpuni sehingga siap menghadapi dan memberikan upaya penyelamatan jika terjadi bencana yang tidak diinginkan di lingkungan PLN NP UP Arun, “katanya.

 

Dikatakannya, kegiatan simulasi bencana rutin digelar PLN NP UP Arun setiap tahunnya dengan tema-tema tertentu dan tahun ini dengan tema simulasi tanggap darurat bencana gempa dikarenakan berdasarkan informasi dari BPBD bahwa Kota Lhokseumawe merupakan daerah sesar atau patahan gempa.

 

"Jadi, dengan simulasi ini diharapkan bisa menjadi antisipasi kepada pekerja di PLN NP UP Arun, mengingat bencana gempa dapat menjadi ancaman yang bisa terjadi kapan saja, maka setiap pekerja perlu siap dan andal mengantisipasinya," katanya.

 

Dalam kegiatan tersebut, sebut dia, peserta simulasi juga diberikan edukasi upaya-upaya pemulihan pasca bencana yang harus dilakukan namun selama ini sering dihiraukan oleh para korban.

 

‘’Terima kasih kepada seluruh tim BPBD yang berkenan berbagi pengetahuan dalam kegiatan simulasi tanggap darurat bencana gempa. Semoga menjadi pengetahuan tambahan dan bekal yang bermanfaat disaat-saat yang dibutuhkan. Tidak ada yang menginginkan bencana, namun bencana adalah hal diluar kendali kita, maka pilihan kita hanyalah siap menghadapinya dan berusaha selamat, “tutup Kornel Bram Rahadi.


Iklan