Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Dandim 0104 Pimpin Upacara Hari Juang TNI AD Ke 78

Hengki Syahjaya
15 Des 2023, 11:55 WIB Last Updated 2023-12-15T04:55:03Z
Dandim 0104 Aceh Timur saat mimpin upacara peringatan Hari Juang TNI AD, Jumat (15/12) di Makodim, Liputanesia/H5J.


Kota Langsa - Komandan Kodim 0104 Aceh Timur Letkol Inf Tri Purwanto, memimpin dengan gagah dan penuh semangat upacara peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat ke-78 tahun 2023 di Makodim 0104 Aceh Timur, Jumat (15/12/2023).


Dalam acara yang dihadiri oleh para prajurit dan PNS Kodim 0104 Atim, Dandim menyampaikan pesan kebangsaan dan semangat juang dari Panglima Besar Jendral Soedirman, untuk mempererat persatuan dan kesatuan dalam menjaga kedaulatan bangsa.


Selain itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dalam amanatnya yang dibacakan Dandim 0104 Atim mengatakan, Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia. 


Pada tahun 1949 saat agresi ke II, Jenderal 

Sudirman dengan keteguhan dan keberaniannya memimpin pasukan di Pertempuran Ambarawa. Meski dalam kondisi sakit, tidak pernah menyerah pertempuran Ambarawa menjadi salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa kita, kegigihan dan keberanian Jenderal Sudirman menjadi inspirasi bagi kita semua. Hari Juang TNI AD kali ini mengusung tema "TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI". 


Tema ini memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu bahwa kita harus  terus memperkuat kemanunggalan TNI AD Rakyat. Mari kita bersama-sama wujudkan cita-cita para pahlawan, yaitu menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 


Semoga TNI AD senantiasa menjadi alat negara yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif serta selalu siap sedia untuk membela keutuhan NKRI, ungkapnya.


Kita akan segera memasuki tahun politik tahun 2024. Belajar dari pengalaman sebelumnya, situasi di tahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan oleh perbedaan-perbedaan pandangan politik yang seringkali disusupi oleh kelompok- kelompok radikal dan intoleran. 


Oleh karena itu, tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan tugas masing-masing, dan selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI, pesan KSAD. 


Di akhir amanatnya Letkol Tri Purwanto berharap, semangat Hari Juang TNI Angkatan Darat ke-78 ini diharapkan dapat memotivasi seluruh anggota TNI AD untuk terus berdedikasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai keprajuritan demi tegaknya kedaulatan dan keamanan negara, pungkasnya Dandim Lekol Tri Purwanto.

Iklan