Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Raqan APBK Langsa TA 2024 Disahkan Pada Paripurna ke-6

Hengki Syahjaya
27 Nov 2023, 21:51 WIB Last Updated 2023-11-27T16:14:31Z
Pj Walikota Langsa, Sekda Kota Langsa beserta Tiga Pimpinan DPRK Langsa saat pengesahan APBK 2024, Senin (27/11) di Ruang Paripurna DPRK Langsa, Liputanesia/H5J.



Kota Langsa - Rancangan Qanun (Raqan) APBK Langsa tahun anggaran 2024 disahkan dalam paripurna ke - 6 masa persidangan I tahun sidang 2023 dengan agenda penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi DPRK Langsa pada Senin, 27 November 2023 di gedung dewan setempat.


Pj Walikota Langsa Syaridin dalam sambutan dan arahan mengucapkan rasa syukur  apresiasi dan terimakasih kepada seluruh anggota DPRK Langsa serta tamu undangan.


"Alhamdulillah pada hari ini kita telah melewati sebuah proses panjang untuk merumuskan dan menyempurnakan Rancangan Qanun Kota Langsa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Kota(APBK) Langsa Tahun Anggaran 2024 menjadi Qanun Kota Langsa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Kota (APBK) Langsa Tahun Anggaran 2024. Kita menyadari bahwa perjalanan panjang ini sangat menguras energi dan pikiran kita semua," katanya.


Penyampaian dan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kota (APBK) Langsa Tahun Anggaran 2024mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik IndonesiaNomor 15 Tahun 2023 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2024, jelasnya.


“Disamping mengacu pada ketentuan tersebut rancangan Qanun Kota Langsa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Kota (APBK) Langsa”.


"Tahun Anggaran 2024 juga mengakomodir segala program dan kegiatan yang merupakan prioritas yang memihak kepada kepentingan masyarakat sesuai dengan usulan Organisasi Perangkat Daerah Kota Langsa yang disusun melalui Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD)," ucap Syaridin.


“Rancangan Qanun Kota Langsa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Kota (APBK) Langsa Tahun Anggaran 2024 menerapkan sistem administrasi pemerintah dan pembangunan yang efektif, efesien dan transparan,” lanjutnya.


“Setelah melalui tahapan pembahasan maka struktur Qanun Kota Langsa tentang APBK Langsa Tahun Anggaran 2024”.


Pertama, katanya, pendapatan Daerah Kota Langsa dianggarkan sebesar Rp. 908.497.870.177,-  (Sembilan ratus delapan milyar empat ratus sembilan puluh tujuh juta delapan ratus tujuh puluh ribu seratus tujuh puluh tujuh rupiah).


Kedua, belanja daerah Kota Langsa dianggarkan sebesar Rp. 923.099.728.419,- (Sembilan ratus dua puluh tiga milyar sembilan puluh sembilan juta tujuh ratus dua puluh delapan ribu empat ratus sembilan belas rupiah).


Ketiga, Pembiayaan Netto Kota Langsa dianggarkan sebesar Rp. 14.601.858.242,- (Empat belas milyar enam ratus satu juta delapan ratus lima puluh delapan ribu dua ratus empat puluh dua rupiah), terangnya.


"Berdasarkan penjelasan diatas maka Rancangan Qanun APBK Langsa Tahun Anggaran 2024 adalah anggaran berimbang".


Selain itu, dengan memahami kondisi Keuangan Pemerintah Kota Langsa saat ini mungkin banyak kegiatan OPD yang tidak tertampung diakibatkan kemampuan anggaran yang terbatas sehingga Anggaran Pendapatan dan Belanja Kota (APBK) Langsa Tahun Anggaran 2024 ini merupakan upaya maksimal yang dapat dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip anggaran dan norma-norma yang berlaku dimana belanja harus mengikuti pendapatan, ujarnya.


"Dari penjelasan di atas, kiranya kita dapat memahami alokasi dan penggunaan anggaran ini adalah untuk membiayai kegiatan kegiatan yang menjadi komitmen bersama dalam rangka merealisasikan kebutuhan yang menjadi prioritas dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah," ungkap Pj Walikota Langsa.


Rapat paripurna ke 6 DPRK Langsa di hadiri Pimpinan DPRK Langsa, Anggota DPRK Langsa, Unsur Forkompinda, Sekda Kota Langsa, para asisten dan staf ahli, para kepala OPD, pimpinan parpol, LSM serta tamu undangan lainnya.

Iklan