Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

IFF Padang Melang 2023 Membawa Turis Manca Negara, Ajang Seni Budaya Melayu Kembali Mendunia

Tengku Azhar
3 Jun 2023, 17:59 WIB Last Updated 2023-06-03T10:59:57Z
Internasional Folklore Festival 2023 Padang Melang Kepulauan Anambas di Ajang Seni Budaya Melayu.

Anambas - Keseriusan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas di ajang Internasional Folklore Festival (IFF) Padang Melang 2023, mampu membawa berbagai turis manca Negara untuk mengenal Budaya Melayu yang mendunia, Sabtu (3/6/2023).

Persiapan kemeriahan dalam pelaksanaan "Internasional Folklore Festival (IFF) Padang Melang" itu sendiri, merupakan kebanggaan bagi masyarakat di Wilayah Kepulauan.

Dengan kata lain, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat jemaja khususnya, maupun masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepri pada umumnya.

Ajang pentas IFF ini sangat kental dengan nuansa Budaya Melayu, maka dari sinilah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kepulauan Anambas menampilkan seni musik lokal dan beragam jajanan kuliner khas Melayu dengan penuh rasa.

Tampak di Laut Padang Melang Kapal Yacht yang Ikut Memeriahkan Internasional Folklore 2023 dari Berbagai Negara.

Effi Sjuhairi, saat ditemui Wartawan Liputanesia disela-sela kesibukan dalam mempersiapkan acara menyampaikan beberapa hal penting di ajang Internasional Folklore Festival 2023 Padang Melang.

"Internasional Folklore Festival Padang Melang ini sebetulnya ide kami dari beberapa komunitas-komunitas seni Anambas, yang kebetulan tanggal 2 s/d tanggal 4. Disbudpar Kepulauan Anambas mendapatkan tugas dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi," ujarnya.

Artinya bahwa, Wilayah kita ini akan dilalui kapal "Relli Yacht Wes Sumatera" dijadwalkan akan berlabuh pada tanggal 2 s/d tanggal 4, karena kita mendapatkan jadwal ini. Maka kira-kira apa yang harus kita tampilkan dalam melayani mereka (Turis Manca Negara-Red).

"Supaya mereka senang datang ke tempat kita, nyaman dan tertarik melihat ajang IFF ini. Agar kedepannya mereka bisa datang lagi," terang Kadisbudpar Effi Shujairi, pada Kamis (1/6) di lokasi acara.

Kita ini orang berbudaya, jika ditanya turis manca Negara kita ini orang apa, tentunya kita orang berbudaya Melayu. Maka kita berembuklah dengan beberapa komunitas-komunitas seni Anambas.

"Dari sisi kebudayaan inilah, kita disambut baik dari rekan-rekan komunitas seni, baik itu dari Singapura, Malaysia. Juga dimeriahkan dengan masuknya kapal yacht, sehingga mengantarkan kita membuat Festival Padang Melang ini, kira-kira seperti itu," ujarnya.

Melalui semangat inilah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Anambas kembali mengangkat seni Budaya menampilkan tarian-tarian Melayu dari Singapura dan Malaysia.

Sementara untuk Indonesia sendiri," kita wakili dengan Medan dan Anambas melalui komunitas yang sudah ada di Tarempa maupun Letung, pokoknya anak-anak kita dari Anambas membantu tampil di ajang IFF ini, apalagi kita kan memiliki ciri khas seperti Gubag dan Gendang Siatan," tuturnya.

Sebagai tambahan, kami juga sudah berkoordinasi dengan Kadis Kebudayaan Provinsi Kepri, Kekande kami Dato' Juramadi Esram. Beliau mengapresiasi, menyambut baik dan sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan Folklore Festival ini.

Dari data yang diterima Redaksi Liputanesia, kapal Yacht yang terupdate ikut memeriahkan Internasional Fertival Folklore 2023 Padang Melang sebagai berikut:

1.SY. Karis
a. Kebangsaan/Bendera Australia dengan jumlah Cruew 3 orang.

2.SY. Anticipation
a.Kebangsaan/Bendera Australia dengan jumlah Cruew 2 orang.

3.SY. No Regret
a. Kebangsaan/Berbendera dengan Jumlah Cruew

4. Braveheart
a. Kebangsaan/Berbendera Selandia Baru dengan jumlah Cruew 5 orang

5. Four Friend
a. Kebangsaan/Berbendera dengan jumlah Cruew

6. SV. Freycinet
a. Kebangsaan/Berbendera Australia dengan jumlah Cruew 3 orang.

7. SV. Sodric
a. Kebangsaan/Berbendera Perancis dengan jumlah 2 orang.

8. SY. Zoo Too
a. Kebangsaan/Berbendera Singapore dengan jumlah 3 orang.

9. SV. No End
a. Kebangsaan/Berbendera Australia dengan jumlah Cruew 2 orang.

10. Schooner Windjammer
a. Kebangsaan/Berbendera dengan jumlah Cruew.

11. Topspot
a. Kebangsaan/Berbendera Australia dengan jumlah Cruew 2 orang.

12. Bobthecat
a. Kebangsaan/Berbendera dengan jumlah Cruew 5 orang.

13. Aroundtheboat II
a. Kebangsaan/Berbendera Kanada dengan jumlah Cruew 2 orang.

14. Justus
a. Kebangsaan/Berbendera Australia dengan jumlah Cruew 4 orang.

15. Angel Witch
a. Kebangsaan/Berbendera Australia dengan jumlah Cruew 1 orang.

16. SY. TiMare
a. Kebangsaan/Berbendera Germany dengan jumlah Cruew.

17. SV. Suan
a. Kebangsaan/Berbendera Germany dengan jumlah Cruew 2 orang.

Iklan