Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Tanggul Sungai Lawe Kinga Jebol, 11 Desa Terendam Air

Hengki Syahjaya
28 Mei 2023, 22:33 WIB Last Updated 2023-05-28T15:49:47Z


Aceh Tenggara - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara melaporkan tanggul sungai lawe kinga jebol mengakibatkan 11 Desa terendam air di dua Kecamatan, Kecamatan Bambel dan Lawe Sumur, Kabupaten Aceh Tenggara, Minggu (28/05/23) Pukul 18.00 Wib.

Kepala BPBD Kabupaten Aceh Tenggara, Nazmi Desky menyampaikan, penyebab tanggul jebol, hujan dengan intensitas sedang/tinggi mengguyur, sehingga air sungai meluap sampai ke desa-desa.

"Wilayah yang berdampak banjir yaitu Kecamatan Bambel meliputi tujuh Desa terdiri dari Desa Kuning I, Lawe Hijo, Lawe Metuah, Pinding, Kuta Buluh, Likat dan Rikit. Sedangkan Kecamatan Lawe Sumur meliputi empat Desa terdiri dari Desa Setia Baru, Kuta Lesung, Buah Pala dan Desa Teger Miko," kata Nazmi.

Nazmi Desky menambahkan, upaya yang sudah dilakukan personil BPBD yaitu kajian cepat dan pendataan, mengerahkan anggota TRC kelokasi, menurunkan ekskavator kelokasi serta monitoring.

Dia menjelaskan terjadi penyumbatan sampah dan kayu gelondongan di jembatan nasional Desa Kuning I, sehingga meresahkan warga masyarakat sekitar dan menggangu akses transportasi.

"Pihaknya sedang menurunkan satu alat berat jenis ekskavator di Desa Kuning I Kecamatan Bambel untuk mengangkat material bebatuan dan kayu-kayu tersumbat yang sudah begitu rendah dan dangkal," Tutup Nazmi.

Iklan