Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Lanal Tarempa Pastikan Rupiah Tetap Berdaulat di Pulau Terluar dan Perbatasan

Tengku Azhar
10 Mar 2023, 15:14 WIB Last Updated 2023-03-10T08:14:16Z

Liputanesia, Anambas - Seluruh Prajurit Lanal Tarempa menyambut kedatangan KRI Kapitan Patimura-371, kapal perang yang membawa Tim Bank Indonesia dalam rangka Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 di Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (9/3/2023).

Setelah bertolak dari Batam dan berlayar menuju beberapa pulau di wilayah Kepulauan Riau, KRI Kapitan Pattimura-371 pada etape terakhir tiba di Kota Tarempa pada hari Kamis pagi, 09 Maret 2023 dalam rangka Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023, yaitu program Kerjasama TNI AL dan Bank Indonesia yang menyasar Wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil) termasuk Kota Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas yang menjadi titik singgah terakhir dalam misi kali ini.

Lanal Tarempa sebagai salah satu Satuan Kewilayahan TNI AL di wilayah perbatasan Laut Natuna Utara melaksanakan koordinasi dan menyiapkan dukungan yang dibutuhkan oleh KRI dan 18 personel Bank Indonesia yang tergabung dalam Tim Ekspedisi wilayah Kepri.

Misi di Tarempa kali ini dibagi menjadi 3 kegiatan utama dengan dukungan pengawalan dan pengamanan dari prajurit Lanal Tarempa dan KRI Kapitan Patimura-371, yaitu berupa kegiatan layanan kas keliling yang berlokasi di Bank Riau Kepri cabang Tarempa, kegiatan sosialisasi dan edukasi Rupiah di SMAN 1 Siantan dan pemasangan Prasasti Ekspedisi Rupiah Berdaulat di ujung jalanh Selayang Pandang II Tarempa.

Pada kegiatan sosialisasi atau edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah serta Program Sosial Bank Indonesia (CSR) di hadapan siswa-siswi SMAN 1 Siantan, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Ibni Jauhari yang diwakili Paspotmar Lanal Tarempa Kapten Laut (P) Sunaryo dalam sambutannya mengatakan, "Mata uang Rupiah memiliki peran penting dalam sudut pandang pertahanan.

Sebagai salah satu alat pemersatu bangsa, mata uang bernilai strategis dalam pembuktian kedaulatan suatu negara. Penggunaan suatu mata uang secara resmi menunjukkan identitas dan kehadiran negara di wilayah tersebut.

Oleh sebab itu, saya mengucapkan terimakasih kepada Tim Bank Indonesia bersama KRI Patimura-371 yang telah singgah di Tarempa Anambas sebagai pulau terdepan di wilayah perbatasan, sehingga dapat berkomunikasi langsung dengan adik-adik generasi penerus bangsa untuk memberikan edukasi akan pentingnya hal ini,” ucap Kapten Sunaryo.

Selanjutnya, mewakili Bank Indonesia, Bapak Beni selaku ketua Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 wilayah Kepulauan Riau pada kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa kehadiran Rupiah di seluruh pelosok Negeri merupakan wujud kontribusi dalam menjaga Kedaulatan Negara, membela negara tanpa senjata, karena Rupiah adalah simbol kedaulatan Negara.

“Dalam menghadapi tantangan dan menjalankan misi tersebut, maka BI perlu melakukan kerjasama dan bergandengan tangan dengan semua elemen bangsa, termasuk dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut yang merupakan salah satu elemen bangsa yang berada di garda terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI,” tutur Beni.

Sinergi antara TNI Angkatan Laut dengan Bank Indonesia dalam program Ekspedisi Rupiah Berdaulat ini membantu keterbatasan Bank Indonesia dalam upaya pengedaran uang Rupiah, sehingga misi Bank Indonesia dalam menyediakan uang Rupiah ke seluruh wilayah NKRI khususnya wilayah kepulauan 3T dapat tercapai.

Program yang telah dimulai sejak tahun 2012 ini dengan kegiatan pelayanan kas keliling di daerah 3T (Terluar, Terdepan dan Terpencil) di seluruh wilayah NKRI bertujuan untuk membantu penyediaan uang layak edar di pulau-pulau terluar yang sulit terjangkau dengan transportasi umum.

Respon masyarakat setempat di wilayah 3T terhadap kegiatan Ekspedisi Rupiah Berdaulat selama ini menunjukkan hal yang positif.

Akses kemudahan untuk mendapatkan uang edisi baru yang jarang ditemui di wilayah melalui layanan kas keliling dan perhatian dalam bentuk edukasi serta bantuan pada kegiatan kunjungan Bank Indonesia dan TNI Angkatan Laut telah memberikan dampak nyata dan konkrit dalam upaya memelihara keutuhan dan kedaulatan NKRI dari sisi pertahanan dan militer oleh TNI Angkatan Laut, serta menjaga kedaulatan ekonomi dan kedaulatan Rupiah sebagai salah satu simbol Negara oleh Bank Indonesia.

Sejak tahun 2012 sampai dengan tahun 2022, Bank Indonesia dan TNI Angkatan Laut telah melaksanakan 92 (sembilan puluh dua) kali kegiatan Kas Keliling 3T dengan 480 (empat ratus delapan puluh) pulau 3T terkunjungi.

Pada tahun 2023, BI dan TNI AL telah sepakat untuk memperluas jangkauan layanan kas keliling dengan program yang lebih terpadu dengan mengusung tema “Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023”, dimana pada tahun 2023 ini akan dilaksanakan kegiatan kaskel 3T sebanyak 17 kali di 17 Provinsi dengan target 85 pulau yang dikunjungi.

Sementara itu saat menerima kunjungan Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 wilayah Kepulauan Riau di Markas Lanal Tarempa, Danlanal menyampaikan, "Program Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 ini merupakan wujud nyata upaya menjaga kedaulatan negara melalui sinergi dan kerjasama yang dilakukan oleh TNI Angkatan Laut bersama Bank Indonesia.

Lanal Tarempa sebagai pangkalan TNI AL yang berada di Anambas sebagai wilayah terdepan, terluar dan di perbatasan, siap mendukung program ini", ucap Letkol Laut Ibni.

Iklan