Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Rusak Akibat Banjir, Warga Perbaiki Secara Swadaya Pipa Pompanisasi Air ke Sawah Cot Dah

Liputanesia
6 Feb 2023, 22:21 WIB Last Updated 2023-02-06T15:21:12Z

 

Gampong Cot Dah
Warga Perbaiki Secara Swadaya Pipa Pompanisasi Air ke Sawah Gampong Cot Dah, Senin (6/2/2023).

Liputanesia, Aceh Utara - Akibat dihantam banjir beberapa waktu lalu, sejumlah warga tani di Gampong Cot Dah, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, terpaksa harus kembali memperbaiki pipa pompanisasi air persawahan mereka yang rusak, di aliran sungai Krueng Keureutoe, Senin pagi, (6/2/2023).

Warga secara swadaya bergotong royong mengangkat pipa patah dari sungai meskipun dalam keadaan gerimis dan arus sungai yang cukup deras, kondisi ini menyebabkan mereka kepayahan dan terus mencari cara.

Ketua kelompok tani Gampong Cot Dah, Sofyan, mengatakan, akibat insiden tersebut, warga tani di Gampong Cot Dah telah mengalami kerugian puluhan juta rupiah, meskipun demikian kerusakan tersebut terpaksa harus segera diperbaiki, mengingat persawahan mereka saat ini baru saja siap tanam.

"Kami terpaksa lagi harus mengeluarkan biaya untuk melakukan rehabilitasi. Jika tidak, kemungkinan puluhan ribu hektar sawah kami bisa gagal panen," sebut Sofyan.

Lanjutnya, ini adalah yang ke empat kali kami memperbaiki pipa pompanisasi air ini, bagaimanapun caranya kami harus berusaha, karena pompanisasi adalah satu satunya cara untuk mengaliri air ke area persawahan di Gampong Cot Dah.

"Akibat berulangkali melakukan rehabilitasi, hingga saat ini KAS kelompok tani kami jadi terutang, kalau hanya sekedar berharap dari iuran anggota saja agak susah juga, karena tidak setiap musim tanam menghasilkan panen," ucap Sofyan.

Sekarang kami belum tau bagaimana cara untuk membayar utang-utang itu, disebabkan belum ada sumber lain yang pasti. Kami berharap mudah-mudahan ke depan ada bantuan dari para pihak, khususnya dari Pemerintah.

Iklan