Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Buka Kemah Budaya, Meurah Ajak Kaum Muda Lestarikan Adat Budaya Melayu Tamiang

Liputanesia
19 Feb 2023, 23:39 WIB Last Updated 2023-02-21T16:41:47Z
Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, berpose bersama panitia, guru pendamping dan sejumlah pengisi kegiatan Kemah Budaya Kaum Muda Tahun 2023, bertempat di Objek Wisata Gunung Pandan, Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun, Sabtu (18/2/2023).

Liputanesia, Aceh Tamiang - Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, didampingi Asisten Keistimewaan Aceh, Kesejahteraan Rakyat & Pemerintahan, Muslizar, menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara Kemah Budaya Kaum Muda tahun 2023, bertempat di Objek Wisata Gunung Pandan, Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun, Sabtu (18/2/23).

Kehadiran Pj. Bupati Meurah dan rombongan disambut dengan pertunjukan Silat Pelintau Aceh Tamiang dan tarian Sekapur Sirih sebagai bagian dari tradisi melayu Tamiang.

Membuka kegiatan tersebut, Pj. Bupati Meurah memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada segenap pengurus Lembaga Inspirasi Budaya Rakyat Aceh (LIBRA) yang bersungguh-sunguh melestarikan budaya Aceh Tamiang, dengan menggelar kegiatan Kemah Budaya Kaum Muda.

“Kalau bukan kita siapa lagi, dan kalau bukan sekarang, kapan lagi kita menjaga dan merawat budaya kita, agar tidak lapuk diterpa panas dan tidak lekang digerus oleh perubahan zaman”, ucap Meurah

Dikatakannya, kegiatan seperti ini sangat positif, karena bisa menumbuhkan dan memberikan kesempatan kepada kawula muda kita bagaimana merawat, menjaga dan melestarikan budaya.

“Dengan dinobatkan sebagai Datok Setie Amanah oleh Majelis Budaya Melayu Aceh Tamiang (MABMETA), sudah menjadi kewajiban saya, dan kita bersama untuk menjaga dan merawat kebudayaan yang ada di Aceh Tamiang agar tetap lestari. Hari ini kami hadir dan tampil dengan pakaian adat Melayu sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya kita”, ucapnya lagi.

Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang atas kelestarian adat budaya melayu, di kesempatan itu, Pj. Bupati Meurah telah membuat rekomendasi agar setiap ASN di lingkungan Pemkab Tamiang untuk mengenakan baju Melayu pada setiap Jum'at.

“Saya kira ini merupakan bagian penting dalam merawat budaya melayu Tamiang”, sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati Meurah juga meminta kepada panitia, untuk mengajarkan anak-anak ini berpantun. Sebab menurutnya, ini menjadi bagian dari menjaga marwah budaya dan adat melayu Aceh Tamiang.

Sebelumnya Ketua Libra Aceh Tamiang, Shinta Astuti mengatakan, komunitas budaya ini terdiri dari unsur mahasiswa, siswa dan OPD tujuannya mengenalkan budaya agar tetap terjaga dan lestari.

Kegiatan Kemah Budaya Kaum Muda yang diikuti 230 siswa/i SMA/SMK/MA se-kabupaten AcehTamiang tersebut diisi dengan lomba masak tradisional, lomba pantun, dan sejumlah kegiatan positif lainnya.

Turut hadir pada kegiatan ini unsur Forkopimda Aceh Tamiang, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Tamiang, para pengurus Kwarcab Pramuka, Ketua PMI Aceh Tamiang, Pengurus Mabmeta Muntasir WD, Pengurus Rampai Tamiang Safaruddin, unsur Forkopimcam Tenggulun, serta para guru pendamping dan tamu undangan lainnya.

Sumber: Humas

Iklan