Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Percepat Akses Telekomunikasi, Pemda Anambas Audiensi ke PT XL Axiata dan BAKTI Kemenkominfo RI

Tengku Azhar
11 Jan 2023, 19:24 WIB Last Updated 2023-01-27T19:02:22Z
Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Wan Zuhendra dan Kadiskominfotik Japrizal S.kom., MA foto bersama dengan Pimpinan PT XL Axiata Marwan O Basir selaku Chief Of Cororate di Jakarta.

Liputanesia, Anambas - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas terus berupaya untuk kembali melakukan audiensi ke PT XL Axiata melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. terkait, pembangunan BTS USO di Daerah Perbatasan 3T yang sedang berjalan saat ini, Rabu (9/1/2023).

Sebelumnya Sekda Kabupaten Kepulauan Anambas Bersama Kadiskominfotik telah melakukan pertemuan dengan Kementerian Kominfo RI (BAKTI-Kominfo) yang diterima langsung oleh Direktur Layanan TI Dhani Januar untuk Pemerintah dan Masyarakat beberapa waktu yang lalu.

Namun pada kesempatan ini, Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra lebih menyampaikan tentang kondisi Daerah yang terdiri dari 256 pulau yang tersebar luas di Kabupaten Kepulauan Anambas. Hanya sekitar 10 % (Persen) pulau tidak berpenghuni.

Dan dengan jumlah pulau yang berpenghuni itulah, agar telekomunikasi dapat terjangkau sampai kepelosok Desa. Sedangkan 230 pulau lainya yang tidak berpenghuni itu, karena memiliki potensi pariwisata yang indah dan luar biasa, sedang dikembangkan," sebut Wan Zuhendra.pada senin (9/1).

"Kami atas nama pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas sangat bersyukur kepada Kementerian Kominfo melalui BAKTI memberikan bantuan 12 BTS USO untuk Perbatasan di 12 Lokasi/Desa, dengan Layanan Opsel XL Axiata," sambungnya.

Selain 12 Lokasi/Desa yang dibangun BTS USO Perbatasan dalam program XL Axiata. Sinyal 4G juga telah melayani di 3 (tiga) Lokasi diantara seperti di Kecamatan Siantan-Tarempa, Kecamatan Siantan Tengah-Air Asuk dan kemudian di Kecamatan Kute Siantan-Payalaman.

Sementara," untuk di Desa Payalaman, Layanan tower BTS XL 4G nya memang sudah lama terganggu, dan kami berharap kepada pihak XL Axiata dapat memperbaiki dan menambah jaringan selulernya di Kecamatan lainya. Sehingga, pemerataan akses telekomunikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas segera dapat dirasakan masyarakat"

"Walaupun di lokasi-lokasi kecamatan tersebut sudah ada layanan 4G Telkomsel, akan tetapi. Belumlah cukup menjawab kebutuhan masyarakat, agar masyarakat mempunyai pilihan yang tidak bertumpu dengan satu layanan Opsel saja," harap Wabub Kabupaten Kepulauan Anambas.

Masih ditempat yang sama, Marwan O Basir Chief Of Corporate Affairs selaku Pimpinan XL Axiata mengatakan sangat senang dan bahagia dengan kedatangan tamu dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas di Jakarta pada awal tahun ini.

"Terkait penambahan Tower Reguler, kami perlu mempertimbangkannya dengan melihat pergerakan ekonomi masyarakat disana, jadi kami butuh data tersebut untuk segera dikirimkan secepatnya atas keinginan yang disampaikan pak Wabub Wan Zuhendra. Ini sudah hal yang wajar karena kebutuhan Internet sudah menjadi kebutuhan hal yang sangat mendasar," ujar Pimpinan XL Axiata Marwan O Basir Chief Of Corporate Affairs.

Kemudian di kesempatan itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kadiskominfotik) Kepulauan Anambas Jafrizal S.kom., MA juga menangapi halnya untuk menyampaikan kepada Pimpinan XL Axiata.

"Selama ini Pemerintah Pusat berusaha menarik minat Provider Reguler untuk membangun Tower Telekomunikasi dengan membangun jaringan Serat Optik tulang Punggu Bancbone Palaparing Barat dan memberikan bantuan BTS USO BAKTI di wilayah perbatasan tertentu. Hal ini agar Opsel mau mengembangkan dan memperluas layanannya di Wilayah-wilayah terluar dalam menjaga NKRI," terang Jafrizal S.kom. MA.

Jap (Sapaan Pangilan-Red) juga menambahkan, saat ini jaringan Fiber Optik Telkom (FOT) sudah tersedia. Dimana Telkom sudah membangun SKKL Inter Island dalam memperkuat Penetrasi Backbone Palaparing Barat yang berada di Ibukota Kabupaten"

"Dengan Telkom membangun SKKL dari Pulau Siantan ke Pulau Matak, dan dari Pulau Siantan ke Pulau Jemaja. Tentunya ini akan mempengaruhi peningkatan Layanan Opsel di 2 (dau) Pulau tersebut yang menjangkau 4 (empat) Kecamatan dan beberapa Kecamatan di sekitarnya," paparnya.

Untuk itu kami berharap, agar pihak Provider XL Axiata dapat menambah jangkauan Layanan Reguler XL Axiata di Kecamatan yang terpisah pulaunya," tutupnya mengakhiri pertemuan dengan Pimpinan PT XL Axiata.

Dari kunjungan tersebut, Wakil Bupati bersama Kadis Kominfotik Kabupaten Kepulauan Anambas. Diterima langsung oleh pihak Pimpinan PT XL Axiata Marwan O Basir selaku Chief Of Corporate Affairs, Kurniadi Prathomo Head Regulatory Compliance, Tetra Siti Sarah Head Teknologi Strategy dan Indra Khrisna Budi Head Head Regulatory Compliance.

Kesokan harinya, Kepala Dinas Kominfotik kembali melanjutkan kunjungannya ke Kementrian Kominfo RI untuk berkoordinasi lebih lanjut mengenai BTS USO yang sedang dalam proses pekerjaan dan bantuan Akses WiFi bidang pendidikan, kesehatan, pemerintah desa dan beberapa wifi publik lainnya di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Perlu diketahui, dari 12 BTS USO yang dibangun, 9 (sembilan) diantaranya sudah mulai mengudara dari laporan dan informasi warga Layanan 4G dengan Akses Internetnya kurang maksimal. Ini karena Kapasital Alokasi Bandwidth yang masih minim dan mungkin dari pihak Opsel belum melakukan Optimalisasi.

Nanang Fatkhurahman, perwakilan BAKTI USO dari Kementerian Kominfo (Kemenkominfo) RI. Ketika dikunjungi juga mengatakan," jika terdapat kendala terkait pembangunan BTS USO, Dinas Kominfotik Anambas silahkan langsung sampaikan kepada kami agar segera kami tindaklanjuti," ucap Perwakilan BAKTI USO Kemenkominfo RI.

Mengenai kendala gangguan Jaringan Internet BAKTI, Nanang Fathurahman berharap. Kabupaten Kepulauan Anambas dapat secara langsung menghubungi beliau atau melalui call centernya untuk dilaporkan dan di koordinasikan lebih lanjut.

"Selama ini jika terdapat kendala terkait pembangunan BTS USO dan gangguan jaringan, pastikan keluhan tersebut di sampaikan ke Diskominfotik untuk segera di sampaikan ke BAKTI Kominfo. Karena hampir seluruh lokasi layanannya mengunakan VSat, dimana cuaca juga menjadi permasalahan tersendiri dalam penanganannya dan urusan gangguan tersebut menjadi tugas BAKTI Kominfo melalui penyedia yang sudah ditunjuk," pungkasnya.

Selanjutnya Kadis Kominfotik Kabupaten Kepulauan Anambas akan mengunjungi Kementrian Polhukam (Kemenkopulhukam RI) untuk melaporkan progres Infrastruktur jaringan Telekomunikasi di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, yang menjadi perhatian seriusnya Kementrian Polhukam yang telah direkomendasikan dan mensuport percepatan kebutuhan Akses Telekomunikasi di Daerah Perbatasan, memperkuat data dan informasi untuk mendukung Pertahanan Keamanan di Daerah terluar dalam menjaga Kawasan Strategis Perbatasan Nasional," ujarnya.

Iklan