Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Medco E dan P, Farmer Field Day Untuk Kaum Ibu di Kute Siantan

Tengku Azhar
22 Des 2022, 00:45 WIB Last Updated 2022-12-21T18:02:02Z

Liputanesia, Anambas - Medco E dan P Natuna Ltd. (Medco E&P) bekerjasama dengan Yayasan Bina Tani Sejahtera menggelar ‘Farmers Field Day’ (Hari Petani) pada Rabu (21/12/2022).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Ketahanan Pangan bersama ibu rumah tangga di Kute Siantan Kepulauan Anambas (KKA) selama 12 bulan sejak Desember 2021 hingga November 2022.

Kegiatan difokuskan pada alih pengetahuan mengenai menanam sayur dengan metode Teknik Menanam yang Baik (Good Agricultural Practice) untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap konsumsi sayuran dan sebagai tambahan pendapatan dari bertani sayuran.

Program Ketahanan Pangan ini memberdayakan ibu-ibu dengan cara pendampingan dalam memanfaatkan lahan pekarangan rumah juga para petani lahan bagi para ibu.

Diharapkan pemanfaatan lahan pekarangan ini mampu memenuhi kebutuhan dapur. Sedangkan bagi para petani lahan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas hasil panen.

Salah satu petani dampingan di Desa Batu Ampa Kecamatan Kute Siantan, Ida hobi menanam namun belum mengenal GAP tanaman sayuran. Melalui Ida, kegiatan alih pengetahuan mengenai budidaya sayuran dilakukan untuk meningkatkan produksi dan pendapatan dalam skala rumahan.

Selain itu Ida juga mendapatkan pengalaman menanam sayuran dan konsumsi sayuran lebih variatif dari sebelumnya, “Dengan menanam cabe, saya bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga bahkan menekan pengeluaran rumah tangga. Apalagi di kala harga cabe sedang tinggi di Anambas," ujarnya.

VP Relations dan Security Medco E dan P Arif Rinaldi berharap seluruh rangkaian kegiatan dapat memberikan efek jangka panjang untuk masyarakat. “Dengan terpenuhinya gizi yang baik, kami berharap kehidupan masyarakat KKA khususnya di Kecamatan Kute Siantan dapat lebih baik lagi. Kedepannya semoga kecamatan lain dapat melakukan hal yang sama.”

Senada dengan Arif Rinaldi, Heryana, SE. selaku Ketua PKK KKA menyatakan harapannya untuk para ibu rumah tangga mendapatkan ilmu pertanian dalam program kebun pekarangan dan dapat menghasilkan tanaman ekonomi keluarga.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Rovaniyadi, S.P. selaku Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas beserta perwakilan manajemen Medco E dan P.

Iklan