Notification

×

Bupati Aceh Tamiang Mursil Sambut Ketua Tim Wasev TMMD Ke-115

22 Okt 2022 | Oktober 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-28T07:57:25Z
Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn saat memberikan sambutan di aula Kodim 0117/Aceh Tamiang.

Aceh Tamiang - Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn menyambut kunjungan kerja Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD Reguler ke-115 tahun 2022, Kolonel Kav Husnizon, S.IP di aula Kodim 0117/Aceh Tamiang, Jum’at (21/10/22).

Bupati Mursil dalam penyambutannya mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kembali TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Aceh Tamiang.

Mursil menyebut kegiatan TMMD membantu mempercepat pembangunan, khususnya di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau.

“Alhamdulillah ada 2 lokasi TMMD di Aceh Tamiang, yaitu di Kecamatan Kejuruan Muda berupa pembangunan jalan dan di Kecamatan Tenggulun berupa pembangunan jembatan”, terang Mursil.

Mursil mengungkapkan, lokasi TMMD dianggap sangat tepat sasaran, mengingat sebelumnya masyarakat di Kampung Alur Mentawak, Kecamatan Kejuruan Muda harus melewati jalanan Provinsi Sumatera Utara ketika hendak keluar. Terlebih saat cuaca hujan membuat jalanan sangat becek dan licin.

Sementara itu, pembangunan jembatan di Kampung Selamat, Tenggulun merupakan pembangunan kembali jembatan yang terbawa arus saat banjir melanda.

Mursil menuturkan, melalu program TMMD ini salah satu jalan untuk mempercepat pembangunan juga, mengingat luas wilayah Aceh Tamiang sekitar 1957 Km persegi dan kemampuan anggaran terbatas.

“Kita tahu fiskal kita kan juga sangat sempit jadi kita butuh kolaborasi seperti ini. Secara bertahap TMMD dapat membantu pembangunan Aceh Tamiang”, lanjutnya.

Kolonel Kav Husnizon selaku Ketua Tim Wasev TMMD Reguler ke-115 tahun 2022 mengatakan kegiatan TMMD bertujuan untuk membantu percepatan pembangunan daerah dan mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Kami sadar betul, kami berasal dari rakyat, berjuang untuk rakyat dan kembali ke rakyat”, ujarnya.

Kolonel Husnizon menjelaskan bahwa daerah terpencil menjadi sasaran utama yang dititikberatkan dalam pelaksanaan TMMD. Baik dengan pembangunan fisik seperti rabat jalan, rehabilitasi rumah ibadah, maupun bedah rumah tak layak huni menjadi fokus kegiatan TMMD.

Namun tak hanya itu saja, TMMD juga menyasar pembangunan non fisik seperti penyuluhan tentang bahaya radikalisme maupun penyalahgunaan narkoba hingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekitar.

“Kedatangan saya dan tim guna melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan TMMD di lapangan serta untuk mendapatkan saran dan masukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan pelaksanaan TMMD yang akan datang”, jelasnya.

Ia pun berterima kasih atas dukungan dan kerjasama Pemerintah kabupaten Aceh Tamiang untuk mempercepat akselerasi kesejahteraan masyarakat.

“Mungkin kalau dikerjakan dengan pendekatan proyek seperti biasa mungkin tidak ada yang mau nawarin di daerah terpencil begini dengan anggaran sekian," tegasnya.

Dandim 0117/Aceh Tamiang, Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi memaparkan pembangunan pada TMMD tahun 2022 ini berupa pengerasan jalan sepanjang 3.750 meter x 6 meter, dan pembangunan dua unit jembatan.

Letkol Alfian berharap program ini berjalan berjalan optimal, efektif dan efesien sehingga dapat memberikan dampak positif untuk masyarakat guna mempercepat akses perekonomian dan pembangunan bagi masyarakat.

Tampak hadir dalam penyambutan Kunker Tim Wasev TMMD ke -115 Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali, Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto, Danyonif 111/KB, Letkol Inf Agus Satrio Wibowo, Ketua MPU, Ustd. Syahrizal Darwis, Kepala Dinas PUPR Aceh Tamiang, Eddy Mofrizal, Camat Kejuruan Muda, Muhammad Farij, Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang, Azwanil Fakhri dan perwakilan Kepala OPD lainnya.