Notification

×

Karang Baru Juara Lomba Masak Serba Ikan

23 Agu 2022 | Agustus 23, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-06T08:08:29Z

Liputanesia, Aceh Tamiang – Lomba masak serba ikan dan lomba cipta menu B2SA tahun 2022 yang diprakarsai oleh TP-PKK Aceh Tamiang bekerja sama dengan Dinas Pangan Kelautan dan Perikanan beberapa waktu lalu berhasil dimenangkan oleh beberapa TP-PKK Kecamatan, Selasa (23/8/2022).

Pada kategori Lomba Masak Serba Ikan, untuk Juara I dimenangkan oleh TP-PKK Kecamatan Karang Baru. Selanjutnya untuk juara II dimenangkan oleh TP-PKK Kecamatan Rantau, dan Juara III dimenangkan oleh TP-PKK Kecamatan Bandar Pusaka.

Sementara dalam kategori lomba cipta menu B2SA, untuk juara I dimenangkan oleh TP-PKK Kecamatan Sekerak. Juara II dimenangkan oleh TP-PKK Kecamatan Kejuruan Muda, dan juara III dimenangkan oleh TP-PKK Kecamatan Seruway.

Untuk penilaian kedua lomba, tim juri merujuk pada empat poin, mulai dari keragaman, gizi, cita rasa, dan pemanfaatan bahan berbasis lokal pada masakan.

Dengan adanya perlombaan ini, pemerintah berharap masyarakat dapat berinovasi dalam membuat makanan sehat untuk keluarganya.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, M.Kn yang mengungkapkan, pelaksanaan lomba cipta menu ini nantinya diharapkan bisa menginspirasi kelompok keluarga, mulai dari tingkat kecamatan hingga kampung untuk dapat menciptakan menu masakan yang bergizi dan aman dikonsumsi.

Terkait permasalahan gizi, Bupati Mursil menyampaikan, angka prevalensi balita stunting di Kabupaten Aceh Tamiang berada pada angka 30,8 persen. Angka ini sedikit lebih rendah dibandingkan angka stunting Aceh di kisaran 33,2 persen. Hal ini berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021 oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lomba ini, sebut Mursil, menjadi sangat penting untuk dilaksanakan sebagai wujud sosialisasi, promosi, serta aktualisasi pangan lokal. Resep menu yang ditampilkan bisa disebarluaskan melalui program PKK, maupun lewat media sosial. Agar menu yang tercipta tidak hanya berada di atas meja saja, namun bisa disajikan sebagai pengganti beras.

Sumber: Humas