Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Puluhan Relawan PMI Gereduk Gampong Sukarejo

Hengki Syahjaya
17 Des 2023, 12:47 WIB Last Updated 2023-12-19T11:19:13Z
Kepala Markas PMI Kota Langsa, Zakirullah saat penyerahan Relawan pada Geuchik untuk giat bakti sosial gotong royong, Minggu (17/12) Gampong Sukarejo, Liputanesia/H5J.

Kota Langsa - Puluhan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) KSR dan PMR, gereduk Gampong Sukarejo, Kecamatan Langsa Timur, dengan melakukan aksi gotong royong, Minggu (17/12/2023).


Bakti sosial ini dilaksanakan oleh relawan PMI dari KSR Unit Markas, KSR Unit Perguruan Tinggi UNSAM dan IAIN, serta perwakilan PMR berbagai Unit SMA atau SMK.


Plt. Ketua PMI, Abdurrahman Ardo melalui Sekretaris, Zakirullah merangkap Kepala Markas, menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial gotong royong ini dalam rangka menyambut hari relawan pada 26 Desember 2023, dan sebagai salah satu bentuk aksi nyata para relawan dalam pengabdian pada masyarakat.


“Aksi ini sebagai bentuk pengabdian relawan pada masyarakat, dengan melaksanakan gotong royong, membersihkan Masjid, Kantor Geuchik dan lingkungan sekitarnya,” terang Zakirullah.


“KSR PMI adalah Korps Sukarela (KSR) merupakan kesatuan unit PMI yang menjadi wadah bagi anggota biasa dan perseorangan yang atas kesadaran sendiri menyalonkan menjadi anggota, setiap calon anggota yang mendaftarkan diri harus melalui tahap orientasi berupa pendidikan dan latihan dasar (DIKLATSAR)”.


Wadah ini dimaksud untuk menyiapkan tenaga kepalangmerahan yang berada dalam keadaan siaga. Dengan rasa senang dan tulus ikhlas setiap saat menyediakan diri untuk memberi bantuan dan pertolongan sesuai dengan kemampuannya bagi sesama umat yang memerlukan, ucap Zakirullah.


“Sedangkan Palang Merah Remaja (PMR) adalah suatu organisasi binaan dari PMI yang berpusat di sekolah-sekolah, yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi Relawan PMI pada masa depan”.


Relawan PMR dan KSR PMI saat melakukan gotong royong.


KSR dan PMR sebelumnya telah dibekali dengan meteri pokok, seiring berjalannya masa kepengurusan, mereka kerap melakukan aksi-aksi nyata implementasi dari materi yang telah diberikan, ujarnya.


“Adapun yang telah mereka lakukan seperti, mengajak masyarakat donor darah, gotong royong, mengunjungi panti, membantu korban kebakaran, tanggap bencana dan lain sebagainya,” jelasnya.


Tampak terliat kekompakan dan kebersamaan antara relawan bersama masyarakat dalam giat gotong royong membersihkan. ungkap Zakirulah.


Pj Geuchik Gampong Sukarejo, Syahrul, saat serah terima peserta gotong royong mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada pengurus dan relawan PMI.


Gotong royong sebenarnya sebuah budaya asli yang dimiliki Indonesia, dan telah diwarisikan secara turun temurun dari generasi ke generasi, namun saat ini sudah mulai luntur budaya itu, katanya.


“Dengan aksi gotong royong yang dilakukan PMI semoga dapat lebih meningkatkan rasa solidaritas bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita”.


Sekali lagi saya ucapkan terima kasih pada seluruh peserta gotong royong yang datang jauh-jauh ke Gampong Sukarejo untuk pelaksanaan kegiatan ini, pungkas Syahrul.


Iklan