Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Ketua DPR Juri Festival Masak Kuah Beulangong Forkopimda Diselenggara Kodim 0104

Hengki Syahjaya
27 Sep 2023, 17:41 WIB Last Updated 2023-09-27T10:41:19Z
Ketua DPRK Langsa Maimul Mahdi, dan Pj Bupati Aceh Timur sebagai juri festival memasak kuah beulangong, saat mencicipi hasil masakan para peserta untuk pemberian nilai.

Kota Langsa - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kota Langsa, Maimul Mahdi menjadi salah satu juri untuk penilaian festival memasak kuah beulangong Forkopimda Kota Langsa dan Aceh Timur, yang di selenggarakan oleh Dandim 0104 Aceh Timur,

Kegiatan Festival memasak kuah beulangong guna menjaga dan melestarikan budaya lokal, bertempat di Makodim 0104/Atim, Gampong
Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Rabu (27-09-2023).

Ketua DPR Kota Langsa Maimul Mahdi dari Fraksi Partai Aceh yang kembali mencalonkan diri sebagai Caleg DPRK Langsa Dapil Langsa Baro, pada media menyampaikan apresiasi pada Dandim 0104 Aceh Timur Letkol Inf Tri Purwanto, atas inspirasi nya melaksanakan festival memasak kuah beulangong untuk Forkopimda Kota Langsa dan Aceh Timur.

"Festival ini harus sering kita laksanakan sebagai salah satu melestarikan budaya khas Aceh akan hidangan masakan kuah beulangong," ucap Mahdi.

Ketua DPRK Langsa, menjadi juri dalam kegiatan ini mengatakan, hidangan ini merupakan bagian penting dari warisan kuliner Aceh yang kaya akan rempah-rempah.

Kegiatan Festival ini bertujuan untuk melestarikan budaya lokal, dalam hal kuliner Aceh, dengan fokus pada hidangan khas Aceh seperti kuah beulangong, serta kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar Forkopimda Plus Kota Langsa dan Aceh Timur." ujar Mahdi.

Adapun peserta yang menjadi juara dalam Festival masak kuah beulangong dengan mengangkat budaya lokal, untuk melestarikan masakan khas Aceh.
Juara 1 Polres Aceh Timur
Juara 2 Perum Bulog Cabang Langsa
Juara 3 Pemkab Aceh Timur

Para juara mendapatkan hadiah Plakat dan Piagam, untuk peserta lain hanya mendapatkan Piagam penghargaan, terang Mahdi.

Usai pelaksanaan Festival memasak, Kuah Beulangong tersebut disumbangkan kepada panti asuhan di wilayah Kota Langsa, pungkas Ketua DPRK Langsa.

Sementara Dandim 0104/Atim Letkol Inf Tri Purwanto, menyampaikan bahwa Festival masak kuah Beulangong dalam rangka memperingati HUT TNI ke-78 memiliki beberapa tujuan dan harapan menyambut dan memeriahkan ulang tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI), sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa TNI dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

Festival ini juga bertujuan untuk mempromosikan kearifan lokal, khususnya masakan tradisional kuah Beulangong. Ini dapat meningkatkan kebanggaan akan warisan kuliner daerah dan mendorong orang untuk menjaga tradisi kuliner ini.

Lanjut Dandim menjelaskan bahwa kegiatan  ini juga dapat menjadi kesempatan bagi masyarakat setempat dan TNI untuk berinteraksi secara positif. Ini dapat mempererat hubungan silaturahmi.

Melalui festival ini, diharapkan masyarakat dapat lebih terlibat dalam acara peringatan HUT TNI dan merasa lebih terkoneksi dengan institusi pertahanan negara," pungkas Dandim.

Iklan