Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Sempena HUT ke-56, Polhut Unit IV Anambas Melaksanakan Ekspedisi di Hutan Gunung Batu Tabir

Tengku Azhar
23 Des 2022, 13:41 WIB Last Updated 2022-12-23T06:41:03Z

Liputanesia, Anambas - Dalam rangka sempena Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Kehutanan (Polhut) yang Ke-56, Kesatuan Pengelolaan Hutan Provinsi (KPHP) Unit VI Anambas melaksanakan giat ekspedisi habitat tumbuhan yang dilindungi di Hutan Gunung Batu Tabir, Desa Tarempa Selatan, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (22/12/2022).

Unit VI Anambas merupakan UPT Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau yang ada di tapak Kepulauan Anambas.

Komandan Regu Polhut KPHP Unit VI Anambas, Herzuandi menjelaskan, kegiatan yang di laksanakan pada hari ini merupakan ekspedisi pengawasan habitat tumbuhan yang dilindungi.

"Kita melakukan pengawasan di titik tanaman dilindungi, seperti bunga Rafflesia dan Black Bat Flower (Kelelawar Hutan), 2 tanaman ini merupakan jenis yang langka dan dilindungi oleh pemerintah. Untuk Rafflesia di Kepri sendiri hanya ada di Anambas, sehingga kita terus melakukan pengawasan," jelas pria yang biasa di sapa wawan itu.

Dirinya berpesan, kawasan tanaman langka dan dilindungi tersebut masuk dalam wilayah Hutan Produksi (HP) dan Hutan Produksi Terbatas (HPT).

"Karna dia masuk HP dan HPT, masyarakat yang ingin berkunjung bisa minta pendampingan dengan Polhut KPHP Unit VI Anambas, yang berkantor di Jalan Imam Bonjol, depan Masjid Agung Baitul Makmur, tepatnya di bawah kantor Dinsos Anambas," kata dia.

Dikutip dari Wikipedia, Rafflesia atau puspa nusa adalah sebuah genus tumbuhan berbunga yang semua spesiesnya hidup sebagai parasit. Anatomi tumbuhan pada Rafflesia tidak lengkap. Organ tubuh dari Rafflesia hanya berbentuk bunga yang mekar atau kuncup saja. Rafflesia tidak memiliki bagian daun, batang, dan akar.

Sedangkan Bunga Black Bat Flower memiliki nama latin Tacca chantrieri dari keluarga Dioscoreaceae yang merupakan tanaman asli Asia Tenggara yang tersebar mulai dari Thailand, Semenanjung Malaysia hingga Sumatera Indonesia. Tanaman ini memiliki dua brachtea yang menyerupai bunga yang berbentuk seperti kelelawar hitam hingga 12 inci, dan panjang "kumis" yang dapat tumbuh hingga 28 inci.

Pada umumnya bunga ini hidup di tempat yang teduh dan cenderung lembab sehingga tidak memerlukan sinar matahari langsung. Hanya ada dua species dari genus Tacca ini di dunia yaitu Tacca chantrieri dan Tacca Integrifolia. Bunga ini telah lama dibudidayakan diluar negeri sebagai tanaman hias koleksi kolektor tanaman tropis dunia, di Indonesia sendiri tanaman ini belum terlalu populer.

Perjalanan menuju kawasan bunga Rafflesia dan Black Bat Flower yang ada di Anambas menempuh kurang lebih 25menit dengan berjalan kaki, dengan jarak tempuh sekitar 800meter dari trek yang sudah ada.

Iklan