Warga tengah melakukan perbaikan Posyandu Dahlia I di Sekretariat RW 013, Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (14/09/2024)/Liputanesia/Dok. Ist. |
Ketua RW 013, Agus Winarno, menjelaskan bahwa Posyandu Dahlia I berkomitmen menerapkan enam standar transformasi pelayanan terpadu, yang meliputi bidang sosial, kesehatan, pendidikan, ketertiban umum (Trantibum), pekerjaan umum, serta perumahan.
Pelayanan yang sebelumnya hanya difokuskan pada balita kini diperluas untuk melayani semua kalangan, termasuk lansia.
"Awalnya, Posyandu hanya melayani balita. Sekarang, kader Posyandu melayani semua, mulai dari balita hingga lansia," ujar Agus saat ditemui di Sekretariat RW 013, Sabtu (14/09/2024).
Agus menambahkan, untuk menciptakan lingkungan Posyandu yang aman dan nyaman, pihaknya mengajak jajaran RW, RT, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), serta masyarakat sekitar untuk berpartisipasi dalam pengecatan ulang gedung dan penambahan fasilitas pendukung lainnya. Pengerjaan perbaikan ditargetkan selesai dalam tiga hari ke depan.
"Sebelumnya gedung ini terlihat kusam. Kami mengajak warga untuk bersama-sama memperindah dengan mengecat ulang. Selain itu, saluran air di depan posyandu juga diperbaiki agar lebih lancar. Kami juga akan menambah pot tanaman di sekitar posyandu untuk penghijauan," jelasnya.
Meski tengah dilakukan perbaikan, pelayanan di Posyandu Dahlia I tetap berjalan. Rusnida (45), petugas piket Posyandu, menyampaikan bahwa para kader terus melayani masyarakat dengan memberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada balita.
"Kami tetap melayani dengan memberikan PMT dari program Jakarta Beraksi, seperti nugget dan pisang, serta 75 PMT lokal berupa kudapan dan buah untuk balita di RW 013," ungkapnya.
Perbaikan fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan Posyandu Dahlia I, sehingga masyarakat dapat lebih nyaman dan terbantu dengan layanan kesehatan yang diberikan.
Penulis : Abdul Mutakim