Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

TNI-Polri Antisipasi Gangguan Kamtibmas Menjelang Pemilu

Hengki Syahjaya
6 Feb 2024, 11:53 WIB Last Updated 2024-02-06T04:53:55Z
Personil TNI-POLRI, saat latihan Penanggulangan Huru-Hara, Selasa (06/02/2024), di Makodim, Liputanesia/Hengki.

Kota Langsa - Dalam upaya menjaga keamanan menjelang Pemilu tahun 2024, TNI dan Polri wilayah Kota Langsa bersinergi dengan melaksanakan latihan Penanggulangan Huru-Hara (PHH) di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0104 Aceh Timur, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Selasa (06/02/2024).

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dalam mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas selama pelaksanaan Pemilu 2024.

Komandan Kodim 0104 Aceh Timur, Letkol Inf Tri Purwanto, menyatakan bahwa latihan ini merupakan bagian dari langkah preventif untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses demokrasi berlangsung.

"Kami berkomitmen untuk menjaga kestabilan dan keamanan, serta memberikan rasa aman kepada masyarakat selama Pemilu berlangsung," ujarnya.

Latihan PHH melibatkan personel Kodim 0104 Aceh Timur dan Polres Langsa dengan simulasi skenario gangguan Kamtibmas. Kegiatan ini mencakup koordinasi antar instansi, pengendalian kerumunan, dan penanganan situasi darurat. Para personel dilatih untuk respons cepat dan efektif guna meminimalkan potensi gangguan yang dapat terjadi.

Letkol Tri Purwanto juga menekankan pentingnya kerjasama antara TNI dan Polri dalam menjaga stabilitas keamanan. "Kami bekerja sama secara sinergis untuk menanggulangi potensi ancaman dan menciptakan lingkungan yang kondusif selama proses pemilihan," tambahnya.

Latihan ini diharapkan dapat mempersiapkan personel TNI dan Polri dalam menghadapi berbagai skenario yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Pihak berwenang berkomitmen untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga situasi yang aman dan damai selama tahapan pemilihan berlangsung.

Sementara Kapolres Langsa AKBP Andy Rahmansyah, menambahkan Kami dari Polres Langsa selalu bersinergi bersama pihak TNI untuk mengamankan dan melancarkan pesta demokrasi yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Jadi latihan yang dilaksanakan hari ini ada bentuk kesiapan kita untuk mensukseskan pesta demokrasi yang sebentar lagi akan dilaksanakan, pungkasnya.

Iklan