Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Panwascam Laksanakan Bimtek Terhadap 30 PTPS Kecamatan Rantau Selamat

Hengki Syahjaya
22 Jan 2024, 18:13 WIB Last Updated 2024-01-23T17:16:06Z
Ketua Panwascam Daman Huri, dan Kordiv SDM Panwaslih Kabupaten Aceh Timur, Ananda Geubrina Rizky, berserta pemateri T. Syahrel selaku Kordiv PPPS dan Muaris selaku Kordiv HP2H, Senin (22/01) saat Bintek anggota PTPS Kecamatan Rantau Selamat, Liputanesia/H5J.

Aceh Timur - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap 30 anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Kecamatan Rantau Selamat.


Kegiatan bimtek diikuti 30 Anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), dan 14 orang Pengawas Desa atau Kelurahan (PKD) Kecamatan Rantau Selamat yang bertempat di Di Gampong Bayeun Kecamatan Rantau Selamat, Senin (22/01/2024).


Ketua Panwascam Rantau Selamat, Daman Huri, dalam pembukaan kegiatan dan memberikan arahan pada seluruh peserta Bimtek PTPS.


“Agar dalam menerima materi nantinya dari para nara sumber, harus memahami apa saja yang harus dilakukan nantinya di TPS,” ucap Ketua Panwascam.


Apabila ada hal yang kurang jelas atau kurang mengerti jagan singkat atau malu untuk bertanya, ungkap Daman.


Hal senada disampaikan oleh Koordinator Divisi SDM Panwaslih Kabupaten Aceh Timur, Ananda Geubrina Rizky, dalam sambutannya menyampaikan selamat mengikuti bimtek dan fokus dalam menerima semua materi.


“Pengawas TPS dapat menentukan adanya pelanggaran dan kesalahan prosedur dalam TPS. Kami percaya semua memiliki integritas, sehingga dapat mengawal jalannya pemungutan dan perhitungan suara 14 Februari 2024 nanti," tandasnya.


Adapun sesi pembekalan dan Materi di isi oleh T. Syahrel, selaku Kordiv PPPS dan Muaris, selaku Kordiv HP2H.


Dalam materinya Muaris, menyampaikan PTPS adalah sebagai ujung tombak pengawasan di tingkat TPS, 


Oleh karena itu, dalam hal pengawasan PTPS juga dibekali Aplikasi SIWASLU 2024 untuk lebih memudahkan PTPS dalam hal pelaporan dan pengawasan Pemilu di TPS, jelas Muaris.


"Dan diharapkan akan selalu berkordinasi dengan PKD selaku rekan kerja di Desa, jika ada kendala-kendala dalam hal pengawasan di TPS segera koordinasi," pungkasnya.


Diujung acara bimtek, Kepala sekretariat Panwascam Rantau Selamat, Abdul Makam, menyampaikan pesan kepada peserta, bagi PTPS yang belum memiliki rekening BSI Untuk segera memuka rekening, baik secara online maupun langsung ke Kantor unit atau cabang terdekat, pintanya.


Iklan