Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

60 Kantong Darah, Kodim 0104 Sumbang Dalam Bakti Sosial Hari Juang TNI AD

Hengki Syahjaya
12 Des 2023, 14:42 WIB Last Updated 2023-12-12T08:20:13Z
Personel Kodim 0104/Aceh Timur bakti sosial donor darah, Selasa (12/12), dalam rangka Hari Juang, Liputanesia/H5J.

Kota Langsa - Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2023, Kodim 0104/Aceh Timur menyumbang 60 kantong darah saat mengadakan kegiatan bakti sosial berupa donor darah.


Bakti sosial donor darah di gelar di Tribun Lapangan Merdeka, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi positif TNI AD dalam bhaki kesehatan masyarakat sekaligus memperingati momen bersejarah, Selasa (12/12/2023).


Letkol Inf Tri Purwanto, Dandim 0104/Atim menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada seluruh peserta yang turut serta dalam kegiatan ini. Ia menyebutkan bahwa kegiatan donor darah tidak hanya memberikan manfaat kesehatan, tetapi juga menjadi bentuk nyata kebersamaan antara TNI AD dan masyarakat.


“Donor darah ini bekerjasama dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) dengan menurunkan tim mobile unit kelokasi kegiatan,” ujar Letkol Tri Purwanto.


Kegiatan ini mengerahkan personel TNI AD, Persit Kartika Chandra Kirana Cab.XXI Dim 0104 Koorcab Rem 011 PD Iskandar Muda kelokasi kegiatan, serta melibatkan partisipasi aktif dari warga sekitar. Acara berlangsung dengan penuh antusia prajurit, rasa semangat dan kekompakan, sebagai wujud kepedulian bersama dalam mendukung stok darah di bank darah lokal, ucap Dandim.


Dandim, menjelaskan bahwa acara berjalan lancar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat demi menjaga keselamatan seluruh peserta. Donor darah diharapkan dapat memberikan kontribusi besar terhadap UDD PMI untuk kebutuhan darah di Rumah Sakit, baik pasien Kota Langsa maupun Aceh Timur, sekaligus memperkuat hubungan antara TNI AD dan masyarakat.


Dandim 0104/Aceh Timur, Letkol Inf Tri Purwanto, gagal donor darah karena Tensi sedikit tinggi.

Dalam suasana penuh kebersamaan, kegiatan bakti sosial ini menunjukkan komitmen Kodim 0104/Atim dalam berperan aktif untuk kesejahteraan masyarakat. Semoga kegiatan serupa dapat terus dilakukan sebagai bentuk sinergi positif antara TNI AD dan warga dalam membangun solidaritas sosial, pungkas Dandim, Letkol Inf Tri Purwanto.


Sementara Kepala UDD PMI, dr. Mawar Afrida, melalui Kartini selaku penanggung jawab donor mengucapkan ribuan terima kasih pada Dandim beserta prajurit, persit Kodim 0104 yang telah menyumbangkan darah, karena TNI-Polri sebagai garda terdepan dalam memenuhi kebutuhan stock darah di Indonesia.


“Dalam berapa minggu ini stock darah sangat kurang di UDD PMI, Alhamdulillah berkat kegiatan peringatan Hari Juang TNI AD ini dapat stock darah banyak, guna memenuhi kebutuhan permintaan pasien”.


Pasien rutin yang selalu membutuhkan darah yaitu, anak dengan penderita thalasemia, pasien cuci darah karena gagal ginjal, pasien pasien operasi melahirkan dan atau operasi lainnya, pasien kecelakaan, serta pasien anemia/HB rendah, yang dirawat di RS Kota Langsa dan Aceh Timur, jelas Kartini.


Peserta yang mendaftar sebanyak 102 orang, namun dalam proses pemeriksaan terdapat 42 orang yang tidak lewat screning, karena HB dan tensi ada yang tinggi dan rendah, yang berhasil donor 60 orang dengan jumlah golongan darah A:14, B:17, O:22 dan AB:7, terang Kartini.


Semoga kegiatan donor darah ini dapat terus berlangsung pertiga bulan sekali di Kodim 0104/Aceh Timur, serta di Institusi lain, karena darah sebagai obat yang tidak dapat di produksi oleh manusia, sehingga solusi pengobatan dari manusia ke manusia, ungkap Kartini penuh harapan.


Iklan