Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

HKN ke-59, RSUD Langsa Gelar Senam dan Donor Darah

Hengki Syahjaya
17 November 2023, 13:52 WIB Last Updated 2023-11-17T06:57:48Z
Pegawai RSUD Langsa yang mengikuti senam kebugaran jasmani dalam rangka HKN ke-59, Jumat (17/11) di aula RSUD, Liputanesia/H5J.


Kota Langsa - Dalam rangka peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Langsa, menggelar kegiatan bakti kesehatan senam jasmani dan donor darah.


Kegiatan dilaksanakan di kawasana RSUD Langsa di dua titik berbeda, awalnya kegiatan senam di parkir belakang, depan kantin RSUD Langsa, sedangkan donor darah di parkiran depan, berhubung hujan, senam dilakukan di dalam aula dan donor darah di samping IGD, depan posko Ambulance, Jalan Jendral Ahmad Yani, Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Jumat (17/11/23).


Plt. Direktur RSUD Langsa dr. Helmiza Fahry menyampaikan bahwa kegiatan hari ini kita laksankan dalm rangka Hari Kesehatan Nasional ke-59 yang jatuh pada Tanggal 12 nopember 2023, dengan tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”.


Peserta senam dan donor darah di ikuti oleh pegawai RSUD yang dapat meninggalkan kerjaannya sesaat, bagi yang tidak dapat meninggalkan pekerjaan kita maklumi, karena tugas dan tanggung jawab, ucap Direktur.


Senam kebugaran jasmani di pandu oleh Instruktur Fitri Kanasya Sport, dengan semangat membimbing para peserta senam, sesekali berteriak untuk memancing gairah dalam pergerakan senam, terangnya.


Salah satu peserta donor darah, dr. Dony sebagai Ketua Pemuda Olah Raga RSUD Langsa.


Donor darah RSUD Langsa selama ini sudah rutin kita laksanakan pertiga bulan sekali, agenda donor bulan ini bertepatan dengan HKN, donor darah bekerjasama dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Langsa, dengan menurunkan Tim Mobile Unit kelokasi kegiatan, jelas dr. Helmi.


Instruktur senam Fitri Kanasya Sport mengatakan bahwa senam Kebugaran Jasmani merupakan aktivitas senam yang gerakannya mengikuti irama, baik dari iringan musik atau hitungan mulut.


Dapat menjaga berat badan seimbang, menurunkan risiko serangan jantung, menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker, dan dapat menguatkan tulang, otot, dan persendian sehingga tidak rentan terkena osteoporosis, ungkap Fitri.


Kepala UDD PMI Kota Langsa, dr. Mawar Afrida melalui Kartini sebagai penanggung jawab donor menyampaikan bahwa kegitan donor darah ini berhasil menghimpun darah sebanyak 25 kantong dari 40 peserta yang mendaftar, sisanya tidak lewat screning, karena HB dan Tensi ada yang tinggi dan rendah.


Kami sangat berharap bantuan dari Instansi, baik Instansi Pemerintah, maupun Swasta bahkan BUMN agar sudi kiranya melaksanakan kegiatan donor darah rutin pertiga bulan, harap Kartini.


"Pada masyarakat yang ingin donor darah bisa langsung ke kantor UDD PMI Kota Langsa bertempat di Matang Seulimeng, mulai pukul 08.00 sd 22.00 WIB setiap hari," ajaknya.


dr. Helmiza ucap terima kasih pada seluruh panitia penyelenggara HKN ke-59, pada peserta senam dan donor darah, serta petugas UDD PMI Kota Langsa, semoga darah yang di sumbang dapat berguna dan bermanfaat, pungkasnya.



Iklan