Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Penembakan di Gereja Saksi Yehuwa di Jerman Dilaporkan Ada Korban Tewas

Liputanesia
10 Mar 2023, 16:21 WIB Last Updated 2023-03-10T09:21:25Z


Liputanesia, Jerman (Reuters) - Seorang pria bersenjata diyakini telah bertindak sendirian membunuh beberapa orang pada hari Kamis kemarin (9/3) di sebuah gereja Saksi Yehuwa di kota Hamburg, Jerman, kata polisi, ketika mereka memfokuskan penyelidikan mereka pada motif serangan itu.

Polisi menolak mengatakan berapa banyak orang yang tewas, tetapi mengatakan pria bersenjata itu diyakini termasuk di antara yang tewas.

Surat kabar Bild melaporkan bahwa tujuh orang tewas dan delapan luka-luka dalam penembakan di Balai Kerajaan Saksi-Saksi Yehuwa di kota utara yang menjadi lokasi pelabuhan terbesar di Jerman.

"Menurut keadaan saat ini, kami menganggap hanya ada satu pelaku," kata polisi dalam sebuah pesan di Twitter.

"Kegiatan polisi di daerah sekitarnya dihentikan secara berturut-turut. Penyelidikan motif di balik kejahatan terus berlanjut."

Sebelumnya, kantor berita DPA Jerman, mengutip seorang reporter di tempat kejadian, mengatakan bahwa penduduk di distrik Alsterdorf utara kota itu telah menerima peringatan di ponsel mereka tentang "situasi yang mengancam jiwa" dan jalan-jalan telah ditutup.

Tayangan televisi menunjukkan puluhan mobil polisi serta pemadam kebakaran memblokir jalan-jalan dan beberapa orang, terbungkus selimut, dibawa oleh petugas layanan darurat ke dalam bus.

"Kami mendengar tembakan," kata seorang saksi tak dikenal kepada wartawan. "Ada 12 tembakan terus menerus," katanya. "Kemudian kami melihat bagaimana orang dibawa pergi dengan tas hitam."

Polisi mengatakan mereka telah menerima telepon segera setelah pukul 21:00 (2000 GMT) dan petugas tiba di tempat kejadian untuk menemukan beberapa orang terluka parah dan beberapa tewas.

"Kemudian mereka mendengar tembakan dari atas, mereka naik ke atas dan menemukan satu orang lagi," kata seorang juru bicara polisi.

Jerman telah diguncang oleh sejumlah penembakan dalam beberapa tahun terakhir. Pada Februari 2020, seorang pria bersenjata yang dicurigai memiliki hubungan sayap kanan menembak mati sembilan orang, termasuk migran dari Turki, di kota barat Hanau sebelum bunuh diri dan ibunya.

Pada Oktober 2019, seorang pria bersenjata membunuh dua orang ketika dia melepaskan tembakan di luar sinagoga di kota timur Halle pada hari suci Yahudi Yom Kippur.

Walikota Hamburg mengungkapkan keterkejutannya atas pertumpahan darah hari Kamis.

"Saya menyampaikan simpati terdalam saya kepada keluarga para korban. Pasukan bekerja dengan kecepatan penuh untuk mengejar para pelaku dan mengklarifikasi latar belakangnya," kata Peter Tschentscher di Twitter.

Iklan