Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Ulang Tahun ke-77, TNI Angkatan Laut Menyelenggarakan Gerakan Nasional Laut Bersih

Liputanesia
7 Sep 2022, 22:33 WIB Last Updated 2022-10-06T01:45:11Z
Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla menyelenggarakan Gerakan Nasional Laut Bersih.

Liputanesia, Anambas – Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Angkatan Laut Tahun 2022, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla menyelenggarakan Gerakan Nasional Laut Bersih seiring dengan Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 yang di gelar oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang berpusat di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Danlanal Tarempa menjelaskan, pelaksanaan Gerakan Nasional Laut Bersih Lanal Tarempa diawali dengan pernyataan dimulainya kegiatan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Vicon bersama Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dilanjutkan dengan pameran hasil olahan sampah dan Penyerahan Rekor MURI atas pelaksanaan Gerakan Nasional Laut Bersih terbanyak oleh TNI Angkatan Laut.

“Pada hari ini kami melaksanakan Gerakan Nasional Laut Bersih dalam rangka Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut ke-77 Tahun 2022, saat ini kami beserta seluruh instansi kemaritiman membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas untuk melaksanakan pembersihan laut yang kami laksanakan dari mulai jembatan Selayang Pandang (SP) 2 sampai dengan pemukiman warga di Desa Tarempa Barat sampai dengan Desa Sri Tanjung. Alhamdulillah personil yang kami libatkan kurang lebih ada 100 personil dengan menggunakan Unsur Patkamla Tarempa dan kurang lebih 10 alat transportasi laut baik dari Lanal Tarempa, Polair Polres Kepulauan Anambas, BPBD, Kapal Tradisional (pompong) warga dan Perahu Karet untuk melakukan pengambilan sampah di laut,” jelas Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf.

Dirinya juga mengatakan, ini merupakan sebuah bentuk kepedulian TNI-AL terhadap situasi laut, sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya ekosistem laut yang bersih.

“Melalui Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022, TNI Angkatan Laut peduli terhadap kebersihan laut guna membangun kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Selain itu juga untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tidak membuang sampah sembarangan sehingga terjaga kesehatan masyarakat dan keindahan laut,” katanya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris memberikan apresiasi kepada TNI Angkatan Laut dalam hal ini Danlanal Tarempa yang telah turut serta peduli terhadap kebersihan laut di Kepulauan Anambas.

“Terimakasih atas kepedulian TNI-AL terhadap laut Anambas khususnya, semoga kegiatan Gerakan Nasional Laut Bersih ini sukses dan sesuai dengan harapan bersama,” ucap Abdul Haris.

Acara dihadiri oleh Bupati Kepulauan Anambas, Danlanal Tarempa, Polres Kepulauan Anambas, Kacabjari Natuna di Tarempa, Lanudal Matak, Danramil 02 Tarempa, Kasatpolair Polres Anambas, Kasatpol PP dan Damkar Kepulauan Anambas, Camat Siantan, Kades Tarempa Barat, Lurah Tarempa, BPDB Kepulauan Anambas, Ketua dan Pengurus Cabang 3 Korcab IV DJA I, Saja Bahari dan masyarakat Nelayan.

Iklan