Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Sebelas Wajah Baru Bakal Isi Kursi DPRK Langsa

Hengki Syahjaya
23 Feb 2024, 16:05 WIB Last Updated 2024-02-23T09:17:24Z
Ilustrasi perebutan kursi DPRK Langsa, Jum’at (22/02/2024), Liputanesia/Hengki.

Kota Langsa - Peroleh kursi beberapa Partai di Kota Langsa mengalami perubahan dari Lima Tahun lalu dan diprediksi ada sebelas wajah baru yang bakal mengisi kursi Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Langsa periode 2024-2029 mengantikan sebagian Petahana, Jum'at (23/02/2024).

Partai Amanat Nasional (PAN) dan PKS yang berhasil meraih suara maksimal serta mendapatkan kursi di masing-masing dapil dalam Kota Langsa pada Pemilu 2024 pun tinggal selangkah lagi akan mendapat jatah Pimpinan DPRK Langsa dengan menggeser partai Golkar dan Demokrat.

Partai Aceh walaupun mendapat kursi di semua dapil dan bakal kehilangan 1 kursi dari periode sebelumnya, diperkirakan hanya akan mendapat jatah Wakil Ketua DPRK Langsa. Ini berarti menurun dari 3 (tiga) periode sebelumnya sejak 2009 dengan meraih suara terbanyak dan memegang tampuk Ketua DPRK Langsa sampai 2024.

Adapun sebelas wajah baru yang bakal menjadi anggota DPRK Langsa Periode 2024-2029 paling banyak berasal dari PAN, jika berhasil mendapatkan 5 kursi, maka PAN akan ada 3 wajah baru, sedangkan 2 lainnya adalah wajah lama yang sebelumnya petahana dari partai lain yaitu Jeffri Sentana dan Melvita Sari yang merupakan anak dari Ketua Partai PAN, H Sulaiman Sufi atau Leman Sira.

Untuk PKS sendiri, jika mendapatkan 4 kursi, maka ada 2 wajah baru yang menjadi anggota DPRK periode ini. Sedangkan Hanura yang bisa jadi hanya mendapat 2 kursi bakal menempatkan wajah baru semua.

Selain itu, Golkar Kota Langsa jika hanya mendapat 3 kursi, maka akan ada 2 wajah baru. Namun jika dapat 4 kursi seperti periode sebelumnya, akan menempatkan 3 wajah baru menjadi anggota DPRK Langsa.

Wajah baru lainnya adalah 1 dari partai Gerindra yang kemungkinan akan tetap mendapatkan 3 kursi seperti periode sebelumnya. Sedangkan partai Demokrat yang kemungkinan hilang dua kursi dari periode sebelumnya, maka akan ada 1 wajah baru juga.

Sementara itu, Partai pemenang Pemilu selama 3 periode di Kota Langsa, yaitu Partai Aceh akan tetap menempatkan wajah lama, yaitu Maimul Mahdi, Burhansyah (Kapolda), Zulkifli Latif dan Samsul Bahri yang dikenal dengan Robert.

Inilah sebelas wajah baru yang diprediksi akan menjadi anggota DPRK Langsa periode 2024-2029, yaitu dari partai PAN ada Ngatiman, Zubir atau Wira Nofrina dan Susilawati. Partai PKS ada dr Febri Haska Putra dan Teuku M Chabibi.

Selanjutnya partai Golkar ada Mukris Jumadi dan seorang lagi dari 3 kandidat kuat yaitu Sarbani, Yana Ayudhia atau Muhammad Syahputra. Sementar partai Hanura ada Khairul Amri dan Nakim, sedangkan Demokrat kemungkinan besar didapatkan oleh Muhammad Bayu Setiawan dan Gerindra sudah jelas Fachrurrazi yang merupakan anak dari Haji Sofyan Pakeh.

Sebelas wajah baru diatas yang bakal menjadi anggota DPRK Langsa ini berdasarkan informasi yang berhasil media ini dapatkan dari berbagai sumber sejak H + 1 sampai H + 7 pasca Pemungutan Suara. Untuk 100% kebenarannya kita harus menunggu hasil dari Pleno Rekapitulasi Suara di lima Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) dalam wilayah Kota Langsa dan juga Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa.

(Penulis Sukma M. Taher)

Iklan