Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Antisipasi Musim Hujan, DLH Lhokseumawe Bersih-Bersih Parit

Ahmad Mirzda
4 Jan 2024, 23:33 WIB Last Updated 2024-01-04T16:34:57Z
Saat pembersihan parit berlangsung, Jumat 29 Desember 2023/Liputanesia/Ahmad Mirzda.

Lhokseumawe - Pasca banjir yang terjadi di kota Lhokseumawe pada Senin 24 Desember 2023 lalu, pejabat Walikota Lhokseumawe, Abdul Hanan memerintahkan dinas lingkungan hidup dan kebersihan melakukan normalisasi saluran pembuangan air atau drainase yang berpusat di desa uteunbayi, kecamatan Banda Sakti, Kamis (4/1/2024).

Amatan wartawan Jumat 29 Desember 2023, terlihat petugas dibantu dengan anggota Koramil Banda sakti bahu membahu mengangkat beton penutup saluran serta sampah dan lumpur yang sudah mengendap selama bertahun-tahun.

“perintah PJ Walikota, kami (DLHK) melakukan normalisasi saluran drainase atau parit yang sudah tersumbat sejak bertahun-tahun, kali ini di pusatkan di Desa utenbayi,” jelas kepala Dinas Syoeib melalui Kabid kebersihan Ridwa Puteh, Kamis (4/1).

Ridwan mengatakan, pembersihan saluran pembuangan atau drainase di sejumlah titik yang rawan terjadi banjir dan genangan, namun dalam kegiatan ini pihaknya harus kerja ekstra dan mengaku kewalahan sehingga perlu melibatkan anggota Koramil Banda sakti sebagai pendukung.

“Dalam pembersihan ini, kita petugas DLH mengalami kendala karena beton penutup parit, dalam hal ini turut melibatkan anggota Koramil Banda sakti,” ucapnya.

Saat pengangkatan endapan lumpur dari drainase, petugas menemukan sampah plastik rumah tangga yang dibuang ke parit, sehingga pembersihan dilakukan dengan mengerahkan alat berat serta Dumbtruck.

Kepala dinas lingkungan hidup kota Lhokseumawe melalui Kabid kebersihan meminta dukungan pada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan yang dapat menimbulkan penyumbatan saluran.

“kita berharap masyarakat bisa menjadikan lingkungan sebagai tanggung jawab bersama, kita juga akan mensosialisasikan program pemerintah ke tingkat desa untuk sama sama menjaga lingkungan,” demikian Ridwan.

Iklan