Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

KIP Aceh Tamiang Tegaskan Rekrutmen Badan Ad Hoc Murni Bukan Peralihan

Liputanesia
30 April 2024, 10:56 WIB Last Updated 2024-04-30T04:11:34Z
Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang, Rita Afrianti/Dok.Ist.

Aceh Tamiang - Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang, Rita Afrianti menegaskan bahwa perekrutan Badan Ad Hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitian Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 murni perekrutan, bukan peralihan.

Hal itu disampaikannya, terkait isu yang beredar di kalangan masyarakat Aceh Tamiang bahwa pendaftaran tersebut hanya sebagai formalitas saja, karena PPK dan PPS Pemilu yang akan menjadi PPK dan PPS Pilkada 2024.

"Ini murni perekrutan bukan peralihan dari PPK Pemilu ke PPK serta PPS Pilkada," tegas Rita Afrianti kepada awak media, Senin (29/4/2024) diruang kerjanya.

Rita, menjelaskan, bahwa semua proses perekrutan menggunakan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) milik KPU Pusat untuk membantu KIP dalam proses rekrutmen penyelenggaraan Pemilu atau Pilkada.

“Fungsi SIAKBA untuk mempermudah proses rekrutmen anggota KPU dan badan ad hoc. SIAKBA merupakan website (https://siakba.kpu.go.id/) dan aplikasi untuk memfasilitasi tahapan seleksi badan ad hoc PPK, PPS,” ungkapnya.

“Semua yang ingin menjadi Badan Ad Hoc Pilkada 2024 harus daftar melalui SIAKBA. Artinya semua mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi PPK Pilkada 2024.”

Bahwa dalam pembentukan Badan Ad Hoc menggunakan SIAKBA untuk informasi, pendaftaran, verifikasi dokumen, monitoring jadwal tahapan pembentukan, dan dokumentasi data badan ad hoc Pemilu dan Pemilihan.

Kemudian yang ingin menjadi Badan Ad Hoc PPK dan PPS harus melakukan tahapan di SIAKBA yang diawali dengan membuat akun dalam SIAKBA, melakukan aktivasi akun SIAKBA, mengisi data diri dalam SIAKBA.

Setelah itu sambungnya mengunduh dan menandatangani dokumen persyaratan pendaftaran, pernyataan, dan daftar riwayat hidup.

“Semua berkas yang kita unduh dan telah kita tandatangani kembali kita unggah ke SIAKBA. Bahkan ujian tertulis juga direncanakan menggunakan sistem CAT. Semua tahapan dan pengumumannya juga melalui SIAKBA,” ucap Rita sembari menambahkan semua peserta mempunyai peluang yang sama. []

(Erwan)

Iklan