Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

RSUCM Telah Buka Poli Jiwa

Hengki Syahjaya
3 Jan 2024, 21:18 WIB Last Updated 2024-01-03T14:46:24Z
Penanggung jawab Poli Jiwa RSUCM Langsa dr Mariati, Sp.KJ, Rabu (03/01) Liputanesia/H5J.

Kota Langsa - Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) kini telah membuka poli jiwa kurang lebih sudah sebulan berjalan.


Kepala RSUCM, dr. Hanafi Nasution, pada media ini Rabu 03 Januari 2024, menyampaikan bahwa poli jiwa sudah berjalan selama sebulan.


Masyarakat yang ingin konsultasi atau berobat tentang masalah jiwa sudah bisa mengunjungi RSUCM, mulai hari Senin sampai Rabu, mulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB, ajaknya.


dr. Hanafi menjelaskan bahwa poli jiwa adalah salah satu jenis layanan kesehatan yang difokuskan pada diagnosis, perawatan, dan pengobatan gangguan kesehatan mental atau gangguan jiwa dan psikiatri. 


Dalam poli jiwa, pasien dapat menjalani evaluasi dan pemeriksaan, tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mendiagnosis gangguan kesehatan mental atau jiwa yang mungkin dialami oleh pasien, ucapnya.


RSUCM terus meningkat mutu dan pelayanan bagi pasien dan keluarga pasien, sehingga terus berbenah dan menyediakan fasilitas rawatan dan perobatan, ungkap dr. Hanafi.


dr. Mariati, Sp. KJ, yang bertanggung jawab pada Poli Jiwa RSUCM mengatakan, gangguan kesehatan mental yang dapat didiagnosis dan diobati melalui poli jiwa yaitu yang termasuk depresi, kecemasan, gangguan bipolar, skizofrenia, gangguan obsesif-kompulsif, dan gangguan makan, gangguan tidur, serta gangguan jiwa lainnya.


Setelah didiagnosis, pasien dapat diberikan perawatan dan pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka, pengobatan yang dapat diberikan melalui poli jiwa antara lain diterapi, penanganan pasien gangguan jiwa dapat diberikan terapi obat dan terapi non obat yaitu psikoterapi, terapi rileksasi, terapi realitas, terapi kognitif terapi keluarga dan lainnya, jelas Mariati.


Pelayanan spesialis jiwa juga membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental dan menghilangkan stigma yang masih terkait dengan masalah kesehatan mental, ujar dr Mariati.


Konsultasi ke psikiater lebih awal, terkait gangguan perasaan, pikiran lebih baik, daripada sudah terganggu sampai tahap gangguan prilaku dimana akan lebih sulit dan butuh pengobatan lebih lama, gangguan kejiwaan bukan aib, gangguan kejiwaan sama dengan penyakit lainnya, bisa stabil dan sembuh, jadi segera konsul kan jika sudah muncul perasaan dan pikiran tidak nyaman, minimal dalam waktu 2 minggu, pungkas dr Mariati Spesialis Jiwa.

Iklan