Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Kodim 0104 Gelar Sosialisasi Pembinaan Netralitas TNI dan Persit KCK

Hengki Syahjaya
31 Jan 2024, 13:10 WIB Last Updated 2024-02-02T10:09:24Z
Kapten Inf Irwansyah, Danramil 15 Peureulak Barat, memberikan arahan netralitas TNI dan Persit dalam proses Pemilu, Selasa (30/01/2024) di Makodim/Liputanesia/Hengki.

Kota Langsa - Dalam langkah proaktif, Kodim 0104 Aceh Timur menyelenggarakan program sosialisasi komprehensif dengan tujuan mempromosikan netralitas Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan keterlibatan aktif Persit KCK (Pertahanan Sipil) dalam pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah yang akan datang, baik tingkat nasional maupun lokal.

Acara yang diselenggarakan pada Selasa (30/01/2024) kemarin, Kodim 0104/Atim mengumpulkan personel militer dan anggota Persit untuk menekankan pentingnya mempertahankan sikap netral dan profesional selama proses pemilihan.

“Sosialisasi bertujuan utama untuk memastikan agar TNI dan Persit tetap bersikap tidak memihak, memungkinkan warga negara untuk menggunakan hak demokratis mereka secara bebas,” jelasnya.

Letkol Inf Tri Purwanto, Komandan Kodim 0104, yang diwakili oleh Kapten Inf Irwansyah, Danramil 15 Peureulak Barat menegaskan peran kunci TNI dan Persit dalam mendukung demokrasi dan menjaga integritas sistem pemilihan.

“Sosialisasi mencakup prinsip-prinsip netralitas, perilaku etis, dan pentingnya mempertahankan sikap non-partisan,” tegasnya.

"Kami berkomitmen untuk memupuk lingkungan demokratis yang menghormati kehendak rakyat. Melalui sosialisasi ini, bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai netralitas dan profesionalisme di antara anggota kami dan keluarga," kata Irwansyah.

Program mencakup sesi informasi, diskusi interaktif, dan skenario praktis untuk membekali para anggota beserta isteri dengan pemahaman yang mendalam tentang peran mereka dalam menjaga proses pemilihan, imbuhnya.

“Sosialisasi ini juga menyoroti pentingnya dukungan Persit dalam meningkatkan kesadaran dan keterlibatan masyarakat,” harap Danramil.

Kodim 0104 Aceh Timur tetap berkomitmen untuk mempromosikan pemilihan yang transparan dan adil, serta berkontribusi aktif pada kesuksesan proses demokratis di wilayah ini, ungkapnya.

Iklan