Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Anggota Komisioner KIP Aceh Tamiang Dilantik, Setelah Sekian Bulan Tertunda

Hengki Syahjaya
12 Jan 2024, 21:10 WIB Last Updated 2024-01-12T14:10:43Z
Pj Bupati Aceh Tamiang Drs. Asra secara resmi melantik dan pengambilan sumpah kelima anggota Komisioner KIP, Jumat (12/01) di Aula Setdakab, Liputanesia/H5J. 

Aceh Tamiang - Anggota Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang Periode 2023-2028 secara sah dilantik oleh Penjabat Bupati, setelah sekian bulan lamanya tertunda.


Pj Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra melantik lima anggota Komisioner KIP, di Aula Setdakab setempat, Jumat (12/01/2024). 


Penetapan lima komisioner KIP Aceh Tamiang tertuang dalam Surat Keputusan KPU RI Nomor 60 Tahun 2024 tentang pengangkatan anggota KIP Aceh Tamiang periode 2023-2028, ucapnya.


Dalam SK penetapan yang ditandatangani oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari tertanggal 10 Januari 2024 tercantum lima Komisioner KIP Aceh Tamiang periode 2023-2028, Mauliza Wira Kesuma, Kamardi Arif, Lindawati, Rita Afrianti dan Rusli.


SK KPU RI tentang pengangkatan Komisioner KIP Aceh Tamiang sempat tertunda karena terjadi polemik diinternal lembaga legislatif (Ketua DPRK dan Komisi I) beberapa bulan lalu, jelasnya.


Pj Bupati Aceh Tamiang menjelaskan, polemik tersebut hanya mis komunikasi saja. Pelantikan komisioner KIP Aceh Tamiang disepakati setelah terbangun komunikasi yang baik dan intens antara Ketua DPRK dan Komisi I bersama pihak eksekutif.


Asra pun optimis dengan komunikasi yang baik, maka agenda nasional untuk menyukseskan Pemilu 2024 dapat tercapai.


“Dengan lengkapnya perangkat atau penyelenggara Pemilu 2024, kita berharap pelaksanaan pilpres dan pileg serentak di Aceh Tamiang dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” harap Asra.


Asra mengingatkan agar seluruh komisioner langsung bekerja secara profesional dan menjaga integritas, ungkap Pj Bupati.


Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto secara khusus menyampaikan pernyataan terkait penerbitan SK ini. Dia menegaskan selama ini tidak bermaksud menghambat proses pelantikan komisioner.


Selama hal ini sesuai aturan, kita mendukung SK ini dan mendukung untuk kawan-kawan komisioner segera dilantik,” kata Siuprianto 


Suprianto menambahkan, selama ini dia bersama Komisi I dan komisioner terpilih sudah duduk bersama menyelesaikan permasalahan ini.


Dia juga menyanpaikan komitmen mendukung pemerintah daerah dan penyelesaian masalah pelantikan KIP Aceh Tamiang ini sudah dibicarakan sejak pengusulan Asra sebagai Pj Bupati Aceh Tamiang.


“Jadi harapan kita agenda nasional di dalam Pemilu serentak ini semuanya dapat berjalan dengan baik,” tandas Suprianto didampingi Pj Bupati Aceh Tamiang, Asra, Dandim 0117/Atam Letkol Inf Andi Ariyanti dan Wakapolres Kompol Ichsan.


Sementara Sekretaris KIP Kabupaten Aceh Tamiang, Achmad Yuhardha mengatakan, berdasarkan koordinasi dengan pemerintah daerah dan surat Bupati yang ditandatangani oleh Pj Bupati, Drs. Asra.


Pada hari ini kelima anggota Komisioner KIP terpilih secara resmi dilantik, walau diakhir persiapan pemilu, semoga mereka dapat bekerja maksimal, harapnya.


“Jadi, setelah komisioner KIP dilantik dan pengambilan sumpah jabatan, mereka dapat memacu persiapan yang tinggal sebulan lagi, semoga Pemilu dapat berjalan dengan baik dan tertib,” pungkas Achmad Yuhardha.


Iklan