Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Pj Walikota Syaridin Berencana Membentuk Badan Dayah

Hengki Syahjaya
24 Oktober 2023, 19:29 WIB Last Updated 2023-10-26T08:11:13Z
Plt. Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSI dan PD) Fauzaruddin, sebagai moderator kegiatan silaturahmi Pj Walikota Syaridin bersama Pimpinan Dayah se Kota Langsa.


Kota Langsa - Pj Walikota Langsa Syaridin, melakukan silaturahmi dengan seluruh pimpinan Dayah dalam wilayah Kota Langsa, berlangsung di aula Pendopo, dalalm pertemuan membahas kemajuan dan berencana membentuk Badan Dayah tersendiri bila anggaran memadai, Selasa (24/10/23).


Pj Walikota Langsa didampingi oleh Sekda Kota Langsa Ir Said Mahdum Majid, Asisten II Ali Musafah, Plt. Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSI dan PD) Fauzaruddin, Kadis PUPR Muharram, Kepala Bappeda Muhammad Darfian, Kepala BPKD Khairul Ichsan, Sekretaris MPU M. Rizal.


Bersama  unsur pimpinan Dayah kota Langsa diantaranya Tgk. Murdani Muhammad (Abana Murdani), Tgk. Ramli Raden, Tgk. H. Zakaria Ahmad, Ustadz Al Hafidz Lc., Tgk. Ridwan Gapi, Abi Mustafa serta sejumlah pimpinan Dayah lainnya, berencana membentuk badan dayah.


Syaridin dalam sambutan dan arahannya mengatakan bahwa pertemuan ini merupakan silaturahmi antara pemerintah kota Langsa dan pimpinan Dayah. 


Dikatakannya, silaturahmi ini dapat mempercepat perkembangan dan pembangunan di kota Langsa terutama di bidang lembaga pendidikan Dayah atau pesantren.


"Ini merupakan salah satu upaya untuk membangun hubungan emosional pemerintah kota Langsa dan lembaga pendidikan Dayah untuk pembangunan Langsa yang lebih baik lagi," ujarnya.


Ke depan, sambung Pj Walikota, ia bersama jajaran pemerintah kota Langsa juga berusaha untuk dapat melanjutkan silaturahmi ke masing-masing Dayah di kota Langsa.


Selain itu, Syaridin menyampaikan rencananya untuk membentuk dinas pendidikan Dayah di kota Langsa seperti di kabupaten Kota lainnya di provinsi Aceh. Pasalnya berdasarkan qanun Aceh nomor 9 tahun 2018 badan Dayah telah dapat berdiri sendiri menjadi dinas pendidikan Dayah.


Sementara untuk kota Langsa, katanya, badan Dayah hingga saat ini badan Dayah masih bergabung bersama di dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSI dan PD).


"Mudah-mudahan masukan hari ini menjadi pertimbangan untuk ke depannya agar dapat membentuk unit kerja berdiri sendiri menjadi dinas pendidikan Dayah bila di dukung oleh anggaran daerah," tegasnya lagi di hadapan para pimpinan santri.

Iklan