Notification

×

Jaga Kearifan Lokal, 62 Nelayan Ikut Meramaikan Kejati Cup Fishing Turnamen HUT RI ke 77

22 Agu 2022 | Agustus 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-06T08:15:06Z
Laut Anambas dipenuhi pompong nelayan yang ikut meramaikan Fishing Turnamen Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri Cup perdana, Minggu (21/8/2022).

Liputanesia, Anambas – Laut Anambas dipenuhi pompong nelayan yang ikut meramaikan Fishing Turnamen Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri Cup perdana, Minggu (21/8/2022).

Sebanyak 62 Nelayan ikut ambil bagian dalam turnamen mancing yang di gelar Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa berkerjasama dengan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas.

Menariknya, disaat para nelayan berlomba adu kemampuan panitia, Kacabjari dan sejumlah OPD dan Kepala Desa juga memancing bersaing untuk mendapatkan ikan dengan penuh keceriaan.

Acara turnamen mancing sendiri dilepas langsung oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris, SH.

Dalam sambutannya Bupati KKA Abdul Haris, SH mengatakan, turnamen fishing Kejati Kepri cup yang digelar sangat baik, dan diharapkan memberikan semangat kegembiraan dan motivasi kepada nelayan.

“Ini merupakan momentum kegembiraan di Hari Bhakti Adhyaksa yang ke 62 dan perayaan Hari Kemardekaan RI ke 77,” ujar Haris.

Haris menyampaikan, agar kegiatan semacam ini dapat diagendakan setiap tahunnya menjadi kegiatan rutin, yang dapat memberikan dampak positif bagi nelayan.

Ia melanjutkan, kedepan agar kegiatan dapat didesain lebih besar dengan lebih memaksimalkan sejumlah aspek seperti kuliner sehingga memberikan nilai positif yang lebih baik.

“Saya juga pernah jadi nelayan, merasakan bagaimana menghadapi ombak besar, menunggu dengan sabar dan mengalami semua yang dirasakan oleh nelayan,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tatempa Roy Huffington Harahap yang mewakili Kajati Kepri Gerry Yasid menyampaikan, kegiatan ini berawal dari kedai kopi dan adanya rencana Kejati Kepri untuk melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Beliau itu pecinta mancing, sebelumnya pernah memancing di Natuna, namun saya sampaikan di Anambas ikannya lebih banyak,” tuturnya.

Rencana awal kata Roy, acara ini akan digelar pada awal Bulan Agustus, namun ditunda pada hari Minggu, karena sesuatu dan lain hal saat ini beliau berhalangan hadir, karena kondisi badan yang kurang fit.

“Kita mengapresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang turut serta dalam menyukseskan acara ini, baik itu dari Pemerintah Daerah, Instansi Vertikal, HNSI, dan seluruh nelayan Anambas,” bebernya.

Kacab menambahkan, acara ini untuk kekompakan sekaligus untuk melestarikan kearifan lokal yang tetap masih menggunakan cara-cara tradisional dengan menggunakan pancing ulur.

“Meski berkompetisi saya menghimbau kepada para nelayan untuk tetap menjunjung sportivitas, menjaga kejujuran, dengan menjadi pemenang tanpa ada kecurangan,”katanya.

Ditempat yang sama Dedy Syahputra sekretaris Panitia menyampaikan, Fishing Turnamen Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri cup diikuti oleh 62 peserta yang melambangkan HBA yang ke 62. “Ini berawal dari kedai kopi dan berkolaborasi untuk membahagiakan nelayan,”tuturnya.

Untuk hadiah pertama ungkap Dedy juara pertama mendapat Rp8.000.000. Juara ke 2. Rp6.000.000, juara 3, Rp.4000.000., juara harapan 1 Rp2000.000 dan Juara harapan 2 Rp1000.000.

“Harapan kita perlombaan ini dapat dilakukan secara kompetitif dapat dinikmati dan mampu memotivasi Nelayan kompak bersama pemerintah,”katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati KKA, Sekretaris Daerah, Danlanal Tarempa, Kapolres Kepulauan Anambas, Kacabjari Natuna di Tarempa, Kepala OPD, Lurah, dan Kepala Desa Tarempa Barat dan Desa Sry Tanjung.