Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

7 Pesan Kapolres Pada Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu

Hengki Syahjaya
12 Feb 2024, 11:18 WIB Last Updated 2024-02-12T11:38:37Z
Kapolres Langsa AKBP Andy Rahmansyah bersama Pj Walikota Langsa Syaridin dan Kajari Efrianto serta Danramil Langsa Kota, saat pengecekan pasukan apel, Senin (12/02/2024), Liputanesia/Hengki.

Kota Langsa - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) menyampaikan 7 pesan dalam amanatnya pada apel pergeseran pasukan pengamanan pemungutan dan perhitungan suara pemilihan umum tahun 2024, Senin (12/02/2024).

Apel di gelar Lapangan Merdeka, dihadiri oleh Kapolres sebagai pemimpin apel, Pj Walikota Langsa, Perwira Menengah, Perwira Pertama, Kapolsek dan Muspida, peserta apel dari personil Kodim 0104 Aceh Timur, Kompi 2B Pelopor Aramiah, Personil Pengaman TPS dalam wilayah hukum Polres Langsa, serta Satlinmas.

Mengawali amanat, Kapolres Langsa AKBP Andy Rahmansyah, mengucapkan Puji Syukur Kehadirat Allah SWT, atas limpahan Rahmat dan Karunia-Nya yang tekah memberikan kita semua kesehatan dan kesempatan dalam melaksanakan apel pergeseran pasukan pengamanan pemungutan dan perhitungan suara pemilihan umum tahun 2024, yang akan diselenggarakan 14 Februari 2024 nanti.

“Porli sebagai aparat yang diberi kepercayaan, dan harus dapat menjamin Pemilu secara LUBER, seta jujur dan adil, bukanlah tugas yang ringan, ucap Kapolres.

Pengamanan pemungutan suara adalah sebuah amanah yang harus kita laksanakan dengan penuh dedikasi, kehormatan dan professionalisme, karena kita garda terdepan dalam pesta demokrasi, lanjutnya.

Kuasa seluruh permasalahan, sumber daya dan stakeholder yang ada di TPS, kehadiran Polisi sangat diperlukan dalam menjaga kondusifitas Kamtibmas baik menjelang maupun saat Pemilu, menetralisir situasi permasalahan yang terjadi, sehingga tidak berkembang menjadi situasi gangguan keamanan yang lebih besar, guna menjaga situasi tetap kondusif dan terkendali, jelasnya.

“Menjamin situasi di TPS harus aman, kuasai cara bertindak pengamanan dalam situasi aman sampai dengan situasi kritis,” tegasnya.

Dalam rangka mendukung perkuat pengamanan TPS, Polres Langsa akan menggeser sejumlah 386 Personel Polri, dan 1.510 Linmas ke lokasi-lokasi TPS yang tersebar di wilayah hukum Polres Langsa, ujar Kapolres.

“Saat tiba di lokasi, segera kenali seluruh petugas stakeholder lainnya, seperti TNI, Aparatur Gampong, dan lainnya, nilai situasi di lingkungan TPS anda bertugas, agar situasi tetap aman sampai proses pemungutan suara dan perhitungan suara di TPS Selesai, pinta AKBP Andy Rahmansyah.

Sebelum melepas keberangkatan personil pengamanan ke wilayah, Kapolres menyampaikan 7 pesan penekanan untuk menjadi atensi dan pedoman dalam melaksanakan tugas sebagai berikut;
1.Senantiasa meningkatkan ketaqwaan dan keimanan serta selalu menjaga kesehatan saat bertugas.
2. Jaga netralitas sebagai petugas pengamanan dan tidak memihak kepada siapapun.
3. Hindari sikap arogansi dan selalu bersikap humanis pada saat bertugas.
4. Jaga sinergitas dan solidaritas dengan TNI, penyelenggara pemilu, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan instansi terkait lainnya.
5. Selalu waspada dan siaga pada saat bertugas serta perhatikan faktor keselamatan masing-masing.
6. Laksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab.
7. Laporkan setiap perkembangan kepada kepada atasan atau pimpinan secara berjenjang.

Diakhir Kapolres Langsa mengucapkan terima kasih pada seluruh stakeholder, karena sampai dengan saat ini tidak ada kendala terkait dengan situasi Kamtibmas.

Harapan kita semua agar ini dapat terus dipertahankan sehingga situasi Kamtibmas di Kota Langsa tetap aman dan kondusif, laksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab, dedikasi, dan kebanggaan demi suksesnya Pemilu 2024 di Provinsi Aceh khususnya Kota Langsa, pungkas Kapolres Andy Rahmansyah.




Iklan