Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Pemkab Komit Penuhi Hak Penyandanng Disabilitas

Liputanesia
1 Jan 2024, 22:14 WIB Last Updated 2024-03-03T08:18:49Z
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab,dr. Catur Hariyat, diselenggarakan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Aceh Tamiang, Selasa, (12/12/2023).


Aceh Tamiang - Prokopim: Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab,dr. Catur Hariyati, MARS menghadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2023 yang diselenggarakan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Aceh Tamiang, Selasa, (12/12/23).

Peringatan yang diperingati setiap tanggal 3 Desember ini, berlangsung di halaman SLBN Pembina dengan mengusung tema “Aku, Kamu dan Kita Setara.”

Mewakili Pj. Bupati, dr. Catur menyatakan Aceh Tamiang sangat berkomitmen dalam upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang Disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

“Kami terus berupaya supaya layanan bagi saudara kita penyandang Disabilitas dapat kita tingkatkan, agar terpenuhi hak dasar pelayanan bagi mereka sesuai dengan kebutuhan dan kewajiban kita bersama”, ucapnya.

Ia mengungkapkan bahwa para penyandang disabilitas memiliki akses dan kesempatan sama dalam berbagai layanan yang diberikan oleh pemerintah dan masyarakat umum. Hal tersebut sekaligus menghilangkan adanya hambatan yang mungkin mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari, serta dengan memberikan ruang untuk menjadi warga negara yang berkontribusi positif bagi kemajuan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan, dengan memenuhi kebutuhan khusus dan umumnya pada layanan.

"Kami berharap kiranya dapat terus menghormati, melindungi dan memenuhi hak penyandang disabilitas di berbagai aspek kehidupan, dengan memberikan kesempatan yang sama kepada masyarakat untuk beraktifitas dan berkreasi serta berpartisipasi dalam berbagai kehidupan, dan yang paling penting adalah menghilangkan adanya hambatan, stigmatisasi, prasangka buruk yang merendahkan harkat dan martabat penyandang disabilitas,"pungkasnya.

Plt. Kepala SLBNP, Supranata dalam sambutannya sangat berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi selama ini. Ia menjelaskan peringatan HDI dalam rangka menyadarkan diri kita akan pentingnya memberikan kesempatan dan hak-hak penyandang disabilitas untuk beraktivitas berkreasi dan berkarya dalam berbagai aspek kehidupan kita.

“Hilangkan anggapan prasangka negatif yang merendahkan harkat dan martabat penyandang disabilitas karenanya sesungguhnya mereka bisa berkarya, bisa berinovasi dan bisa berkreasi bahkan terkadang hasilnya bisa lebih baik lagi ketimbang kita, atau mereka diberikan kesempatan dan hak yang sama mereka juga bisa”, ujar Supranata.

“Jangan ada kata menyerah, tetap semangat dan berjuang. Mari bersama kita ciptakan Indonesia Inklusi, Tangguh dan Tumbuh”, tambahnya.

Peringatan HDI tahun 2023 ini juga dibarengi dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengundang Ust. Bahrun.

Selain itu juga turut dilakukan penambalan Masjid “Ummi Maktum” yang berada dilingkungan SLBNP. Nama itu diambil dari nama seorang sahabat Rasulullah yang merupakan seorang penyandang disabilitas.

Tidak ketinggalan, para siswa penyandang disabilitas juga menampilkan bakat dan kemampuan terbaik mereka semua yang mengundang haru para tamu undangan.

Saat ini telah terbentuk Komisi Nasional Disabilitas (KND). Komisi Nasional Disabilitas dibentuk Pemerintah Indonesia sebagai upaya untuk menjamin kesetaraan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas agar memiliki hak-hak yang sama dengan masyarakat pada umumnya.

Iklan