Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Bupati Anambas: Peringati HPSN 2023, Manfaatkan Kehadiran Bank Sampah Menjadi Nasabah

Tengku Azhar
10 Mar 2023, 23:12 WIB Last Updated 2023-03-13T16:16:30Z

Liputanesia, Anambas - Dalam Rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas gelar Senam dan Gotong Royong bersama Pemerintah Daerah dan Lintas Sektor yang dilaksanakan di Lapangan Tanjung Momong, Jum'at (10/3/2023).

Selain Senam Bersama, terdapat beberapa rangkaian acara lainnya yaitu penyerahan piagam penghargaan kepada pelopor, penggagas, pembentuk dan penggerak Bank Sampah di Kabupaten Kepulauan Anambas dan Penyerahan serah terima pinjam pakai Perahu Naga dari Pemerintah Daerah ke KONI Kabupaten Kepulauan Anambas.

Adapun untuk titik lokasi pelaksanaan gotong royong dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah menentukan titik lokasi masing - masing Perangkat Daerah untuk mengumpulkan sampah di lokasi yang telah ditentukan.

Bupati Kepulauan Anambas dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 menjadi langkah awal untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai salah satu pendorong pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Sampah jika dikelola dengan baik maka akan menghasilkan manfaat ekonomis dan bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, salah satu cara untuk membuat sampah menjadi bernilai ekonomi adalah melalui Bank Sampah," jelas Abdul Haris, S.H.,M.H.

Selanjutnya Abdul Haris, S.H.,M.H juga menjelaskan bahwa Bank Sampah merupakan salah satu media penggerak ekonomi pada tataran level terbawah di masyarakat.

"Manfaatkan kehadiran Bank Sampah dengan menjadi nasabah dan punya kesibukan untuk mengumpulkan sampah maupun ikut terjun kedalam industri kreatif sampah, minimal mampu mengumpulkan modal dari tabungan sampah sehingga nantinya bisa membuka usaha lain yang mendukung ekonomi keluarga," ungkap Bupati Kepulauan Anambas.

Bupati Kepulauan Anambas juga mengapresiasi yang sebesar - besarnya dalam bentuk penghargaan kepada Yayasan Anambas, Bank Sampah Sahabat Lestari, Bank Sampah Desa Langir dan Bapak Wandi atas kontribusi dan peran sertanya dalam pengelolaan sampah menjadi bernilai ekonomi dan dapat meningkatkan Perekonomian Masyarakat.

"Saya harap hal ini dapat menjadi pemicu bagi terbentuknya bank - bank sampah di setiap Desa di Kabupaten Kepulauan Anambas," tutup Abdul Haris, S.H.,M.H.

Editor:T.4z
Sumber: Diskominfotik Anambas

Iklan